Breaking News:

Universitas Lampung

8249 Peserta Ikuti UTBK SBMPTN 2021 Universitas Lampung

Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, di l

ist
Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, di lingkungan Unila. Ujian ini diikuti 8.249 peserta untuk gelombang 1 dan 7.859 orang untuk gelombang II. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021, di lingkungan Unila. Ujian ini diikuti 8.249 peserta untuk gelombang 1 dan 7.859 orang untuk gelombang II.

UTBK Gelombang I diselenggarakan mulai Senin, 12 April 2021, hingga Minggu 18 April 2021, sedangkan gelombang II diselenggarakan pada 26 April 2021 hingga 2 Mei 2021.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN di Unila berlangsung di lima lokasi antara lain UPT TIK, FEB, FMIPA, FK, dan UPT Bahasa dengan total yang disediakan 25 ruang.

UTBK terbagi atas dua sesi yakni, sesi pertama dilakukan pagi dan sesi kedua dilakukan siang hari. Adapun materi ujian yang meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek dan Soshum.

Tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan UTBK masih menerapkan prosedur protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelum pelaksanaan ujian, para peserta wajib menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 atau melakukan pemeriksan tes rapid di klinik Unila. Peserta yang sedang dalam kondisi tidak sehat dan suhu tubuh diatas 37,5 C dilarang mengikuti ujian.

Peserta diminta tidak singgah di lokasi lain saat berangkat dari tempat tinggal langsung menuju pusat penyelenggaraan UTBK Unila. Saat sampai di lokasi ujian, peserta tidak diperkenankan untuk didampingi.

Saat memasuki ruang ujian, peserta diwajibkan memakai masker, sarung tangan, dan melakukan pengecekan suhu tubuh oleh petugas, melakukan verifikasi dokumen, serta menyimak pengarahan pengawas ujian.

Humas Badan Pengelola (BP) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Muhamad Komarudin, S.T., M.T., menjelaskan, pelaksanaan UTBK gelombang I pada hari pertama tidak mengalami kendala berarti.

Namun ia mengakui ada beberapa peserta yang tidak mematuhi tata terbit seperti tidak membawa surat bebas Covid-19 dan berpakaian sesuai.

“Kendala-kendala itu yang ada, tetapi alhamdulillah sebelum pelaksanaan tes dimulai sudah bisa diselesaikan,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan dihari-hari selanjutnya ia dan pihak panitia bisa memberikan pelayanan terbaik sehingga pelaksanaan UTBK berjalan lancar dan memberi kenyamanan bagi semua peserta.

“Kami dari panitia ingin memberikan layanan sebaik mungkin kepada adik-adik yang tes sehingga mereka bisa mengeluarkan kemampuannya untuk masuk ke perguruan tinggi yang mereka pilih. Jangan sampai ada kendala-kendala yang membuat psikologi mereka terganggu,” kata Komarudin.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved