Breaking News:

Metro

Diskes Metro: Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan jika vaksinasi selama bulan ramadan tidak membatalkan ibadah puasa.

Tribunlampung.co.id/Deni
Ilustrasi - Petugas menunjukkan vaksin Covid-19. Diskes Metro: Vaksinasi Covid-19 Tidak Membatalkan Puasa 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memastikan jika vaksinasi selama bulan ramadan tidak membatalkan ibadah puasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro mengatakan, berdasarkan Fatwa MUI Nomor 13 tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa dan hasll ketetapan fatwa ormas Islam lainnya.

"Sesuai Fatwa MUI, program vaksinasi terus berjalan meskipun umat Islam sedang berpuasa bulan ramadan. Vaksinasi Covid-19 dilakukan dengan injeksi intramuskular atau dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot," ujarnya.

Karena itu, vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa.

Bagi umat Islam yang berpuasa dan melakukan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).

"Jadi sesuai Fatwa MUI, pemerintah dapat melakukan vaksinasi pada saat bulan ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Dan vaksinasi tidak membatalkan puasa," tukasnya, Senin (12/4/2021).

Selain Fatwa MUI, Erla menambahkan, vaksinasi selama bulan ramadhan juga sesuai Surat Edaran Kementrian Agama Nomor 3 tahun 2021. Karenanya, Dinas Kesehatan tetap menjadwalkan vaksinasi saat bulan ramadhan.

"Karena vaksinasi ini bertujuan untuk memperkuat imunitas masyarakat dan menurunkan zona Kota Metro menjadi menjadi wilayah yang lebih aman," imbuhnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali menerima vaksin Covid-19 merk CoronaVac sebanyak 1.650 dosis yang akan digunakan untuk vaksinasi guru SMA/SMK sederajat di wilayah setempat.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Baca berita Vaksinasi Covid-19 di Metro

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved