Breaking News:

Lampung Selatan

Besok Penumpang Wajib Tes Genose Sebelum Terbang via Bandara Radin Inten II

Manajemen Angkasa Pura II Cabang Bandara Radin Inten II Lampung tengah menguji coba GeNose C19.

Dok Angkasa Pura II
GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan melakukan uji coba tes genose di bilik yang sudah disediakan, Minggu (18/4/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Manajemen Angkasa Pura II Cabang Bandara Radin Inten II Lampung tengah menguji coba GeNose C19.

GM Angkasa Pura II Cabang Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan mengatakan, pihaknya mengadakan simulasi penggunaan genose di bandara yang berada di Branti, Natar, Lampung Selatan ini.

"Jadi hari ini kami uji coba atau simulasi genose kepada 50 orang di lingkungan Branti," kata Hendra, Minggu (18/4/2021).

Menurut dia, alat pendeteksi Covid-19 karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini baru akan dipakai secara resmi pada Senin (19/4/2021) besok.

Calon penumpang harus merogoh kocek Rp 40 ribu untuk menjalani tes genose.

“Genose menjadi pilihan untuk bisa terbang ke luar daerah. Jadi kalau sudah pakai rapid antigen, tidak perlu lagi pakai genose,” ujar Hendra.

Bedanya, kata dia, genose ini hanya berlaku 1x24 jam, sedangkan rapid test antigen 2x24 jam.

"Jadi insya Allah besok kita terapkan tes genose ini. Alat tersebut tersedia tiga unit di Branti. Biayanya Rp 40 ribu per penumpang," terang Hendra.

Namun, calon penumpang sebelumnya harus melakukan registrasi dulu di aplikasi Airport Health Center (AHC).

Ada tiga tahap yang harus dilalui calon penumpang untuk menjalani tes GeNose C19, yakni pre-process (download dan sign up aplikasi Airport Health Center, verifikasi email, mengisi profil di aplikasi, memesan/booking tes dan melakukan pembayaran).

Kemudian, on-process (verifikasi & pemberian kantong napas, pengambilan sampel napas, scan QR code data dan kantung napas, analisis sampel napas).

Terakhir, post-process dimana hasil tes keluar di aplikasi sekitar 2 menit setelah kantung napas.

Secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan untuk menjalani tes genose hanya 7 menit.

"Tapi untuk yang baru men-download aplikasinya di lokasi bisa sampai 11 menit seluruh prosesnya," kata Hendra. ( Tribunlampung.co.id / Bayu Saputra )

Baca berita Lampung Selatan lainnya

Penulis: Bayu Saputra
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved