Breaking News:

Tulangbawang

3 Bulan Jadi Tersangka Dugaan Pungli DAK, Mantan Kadisdik Tulangbawang Akhirnya Ditahan

Kejaksaan Negeri Tulangbawang akhirnya menahan dua tersangka dugaan korupsi DAK khusus fisik prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang, S

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung.co.id / Endra
Kejaksaan Negeri Tulangbawang akhirnya menahan dua tersangka dugaan korupsi DAK khusus fisik prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang, Selasa (20/4/2021) siang. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MENGGALA - Kejaksaan Negeri Tulangbawang akhirnya menahan dua tersangka dugaan korupsi DAK khusus fisik prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang, Selasa (20/4/2021) siang.

Keduanya yaitu mantan Kepala Dinas Pendidikan Tulangbawang Nasaruddin (NS) dan GAN, pihak swasta.

Keduanya menjadi tersangka perkara dugaan pungutan liar DAK pada Dinas Pendidikan Tulangbawang tahun anggaran 2019 senilai Rp 49 miliar.

NS ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor Print- 01/ L.8.18/ Fd.1/ 04/2021 tanggal 20 April 2021.

Nasaruddin ditahan tiga bulan setelah menyandang status tersangka.

Adapun GAN ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor Print- 02/ L.8.18/ Fd.1/ 04/2021 tanggal 20 April 2021.

"Ini penahanan penyidik selama 20 hari sejak tanggal 20 April 2021 sampai dengan 9 Mei 2021," ungkap Kasi Intel Kejari Tulangbawang Leonardo Adiguna.

Kedua tersangka yang sudah mengenakan rompi tahanan warna merah digiring penyidik masuk ke dalam mobil tahanan Kejari Tulangbawang sekitar pukul 14.30 WIB.

Keduanya lalu dijebloskan ke sel tahanan Rumah Tahanan Kelas IIB Bawang Latak Menggala.

Selama 20 hari ke depan, penyidik kejaksaan akan terus melengkapi berkas perkara untuk kemudian dilakukan pelimpahan tersangka dan barang bukti ke pengadilan.

Sebagaimana diketahui, kedua tersangka disangka melakukan pungli dana alokasi khusus yang diterima oleh SD, SMP, Lembaga Pendidikan SKB dan PAUD di Tuba.

Dalam kasus itu, penyidik Kejari Tulangbawang telah menetapkan Nasaruddin sebagai tersangka pada 20 Januari 2021.

Lalu pada 11 Februari 2021, penyidik kembali menetapkan satu tersangka baru berinisial GAN yang berasal dari pihak swasta.

"Kedua tersangka sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat. Lalu dilakukan rapid test antigen dengan hasil negatif Covid-19 lalu. Para tersangka dititipkan di Rutan Kelas IIB Menggala selama 20 hari ke depan," tandas Leo. ( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Baca berita Tulangbawang lainnya

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved