Breaking News:

Tribun TV Lampung

Kenali Ciri-ciri Anak Terlambat Bicara dan Penyebabnya

dr Roro Rukmi Windi Perdani mengatakan, anak-anak bisa mengalami keterlambatan gangguan bicara dan reseptif sekaligus, atau salah satunya.

screenshot
dr Roro dalam webinar bersama Tribun Lampung, Rabu, 21 April 2021. Kenali Ciri-ciri Anak Terlambat Bicara dan Penyebabnya 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Bicara adalah salah satu perkembangan anak.

Bicara merupakan bahasa yang diungkapkan atau ekspresif.

Selain bicara ada juga bagian lain dari bahasa, yakni reseptif atau menerima apa yang dikatakan orang lain.

dr Roro Rukmi Windi Perdani, Sp.A dari Rumah Sakit Hermina mengatakan, anak-anak bisa mengalami keterlambatan gangguan bicara dan reseptif sekaligus, atau salah satunya.

TONTON DI SINI: Kenali Ciri-ciri Anak Terlambat Bicara

"Kalau salah satunya, biasanya yang paling sering adalah anak mengalami keterlambatan atau gangguan bicara, tapi reseptifnya tidak mengalami keterlambatan atau gangguan," kata dr Roro dalam webinar bersama Tribun Lampung, Rabu, 21 April 2021.

Jika anak mengalami keterlambatan atau gangguan bicara, artinya perkembangan anak tidak sesuai dengan milestone yakni tahapan perkembangan yang harus dicapai anak di usia tertentu.

Orangtua harus bisa memahami milestone ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan anaknya.

Sehingga orangtua bisa mengidentifikasi lebih awal jika perkembangan anaknya tidak sesuai dengan usianya atau terlambat, termasuk keterlambatan bicara.

Jika keterlambatan atau gangguan bicara bisa diidentifikasi lebih awal, diintervensinta juga lebih awal, dan prognosisnya juga lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved