Breaking News:

Universitas Lampung

Unila Gelar Rapat Persiapan Monev 8 IKU

Universitas Lampung (Unila) menggelar rapat persiapan monitoring dan evaluasi (monev) 8 IKU, bertempat di Ruang Sidang Utama lantai dua Rektorat, Rabu

ist
Universitas Lampung (Unila) menggelar rapat persiapan monitoring dan evaluasi (monev) 8 IKU, bertempat di Ruang Sidang Utama lantai dua Rektorat, Rabu, 21 April 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) menggelar rapat persiapan monitoring dan evaluasi (monev) 8 IKU, bertempat di Ruang Sidang Utama lantai dua Rektorat, Rabu, 21 April 2021.

Pada agenda tersebut Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., mengatakan, untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas, perlu didukung transformasi bidang pendidikan tinggi.

Salah satu cara yang harus ditempuh adalah dengan mengoptimasi realisasi target kinerja perguruan tinggi. Hal itu juga diwujudkan dengan melibatkan peran semua pihak untuk melaksanakan 8 IKU di perguruan tinggi.

Dari tingkat dosen, rektor berharap para dosen dapat mengupdate data di Sinta. Orang nomor satu di Unila ini meyakini, Sinta merupakan salah satu indikator penilaian penting untuk menunjang terwujudnya transformasi ini.

Unila sudah menggunakan kriteria nilai pada Sinta untuk memberikan remunerasi guna menunjang terwujudnya IKU. Strategi lain, lanjutnya, yaitu melibatkan para mahasiswa dalam penelitian dosen dan memfokuskan tracer study agar dihimpun langsung CCED.

Yang terpenting dari semua strategi itu, Karomani berharap, tim task force dapat mengintegrasikan data Unila ke kementerian agar tidak terjadi lagi keterlambatan update data.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Kerja (Task Force) Monev 8 IKU Unila Prof. Buhani menjabarkan, timnya terbagi atas tiga tim besar. Mereka antara lain terdiri dari tim aspek lulusan yang dikoordinatori Kepala UPT TIK M. Komarudin.

Sedangkan aspek kualitas dosen dikoordinatori Habibullah Jimad, dan aspek kurikulum dikoordinatori Feni Manifatullah. Tiap tim aspek dibantu tim teknis dari tim PDDikti Unila dan sumber data.

Prof. Buhani menerangkan, Unila saat ini dipilih kementerian menjadi salah satu perguruan tinggi PTN BLU yang menjadi pilot projek penerapan 8 IKU.

PTN-BH diwakili UGM dan ITS, sedangkan PTN-BLU diwakili Unila dan Unilam. Pihak kementerian ingin membuat sebuah model dari berbagai status PTN.

Parameter 8 IKU ini dilakukan untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas menuju target perguruan tingginya masing-masing. Pihaknya juga telah beberapa kali terlibat pada sosialisasi penerapan IKU di sejumlah perguruan tinggi.

Timnya juga telah menyampaikan beberapa rekomendasi antara lain pengumpulan data dan dokumen pendukung pada masing-masing unit, mengoptimalkan kembali sistem pendukung proses pengumpulan data dan dokumen yang terhubung dengan kemendikbud.(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved