Breaking News:

Tulangbawang

Gudang Pupuk di Banjar Baru Tulangbawang Dipastikan Tak Berizin

Gudang PT Harapan Restu Jaya (Harja) terindikasi melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tertentu.

Dok Satpol PP Tulangbawang
Satpol PP saat memeriksa gudang pupuk di Banjar Baru, Tulangbawang pekan lalu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Gudang PT Harapan Restu Jaya (Harja) terindikasi melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tertentu.

Pasalnya, gudang pupuk yang berada di Kampung Jaya Makmur, Kecamatan Banjar Baru, Tulangbawang itu tidak mengantongi izin.

Kabid Perda Satuan Polisi Pamong Praja Tulangbawang Ardi mengatakan, pihaknya bersama aparat kecamatan dan kampung telah turun ke lokasi gudang yang disewa perusahaan pada Kamis (22/4/2021) pekan lalu.

Dari hasil kroscek di lapangan, didapati bangunan dan perusahaan tidak memiliki izin.

"Ini dipastikan melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2012. Ada sanksi pidana di dalamnya," kata Ardi, didampingi Kasi Pembinaan, Pengawasan, dan Penyuluhan Satpol PP Tulangbawang Abdi, Senin (26/4/2021).

Menurut dia, agar perusahaan atau penyewa memiliki tanda daftar gudang (TDG), pemilik harus terlebih dahulu melengkapi izin mendirikan bangunan (IMB).

Ia menilai perusahaan lalai lantaran menyewa gudang yang tidak memiliki izin.

"IMB kewajiban pemilik gudang. Pihak perusahaan membutuhkan TDG, rekomendasinya dari Dinas Perdagangan. Untuk mendapatkan rekomendasi TDG membutuhkan dasar IMB-nya dulu. Seharusnya pihak perusahaan sebelum menyewa menanyakan dulu kelengkapan izin gudang," kata dia.

Sayangnya, lanjut dia, saat pihaknya melakukan kroscek di lapangan, pemilik gudang dan pihak perusahaan tidak berada di tempat.

Kepala Kampung Jaya Makmur, Kecamatan Banjar Baru, Syahrul, mengaku telah menyurati pihak kecamatan untuk memanggil pemilik gudang dan perusahaan.

"Saya kirim surat ke kecamatan. Rencananya untuk manggil perusahaan dan pemilik gudang untuk menanyakan izin yang dimiliki," kata Syahrul.

( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Baca berita Tulangbawang lainnya

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved