Breaking News:

Lampung Selatan

Penyelundupan 2 Anak Orangutan Langka Terhenti di Pelabuhan Bakauheni

Dia menjelaskan dua ekor anak orangutan ini berasal dari Lubuk Pakam, Sumatera Utara dan akan dibawa menuju Tangerang, Banten.

Dok Karantina Pertanian Lampung
Karantina Pertanian Lampung mengagalkan penyelundupan dua ekor anak orangutan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Senin (26/4/2021) malam. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Karantina Pertanian Lampung mengagalkan penyelundupan dua ekor anak orangutan.

Subkoordinator Karantina Hewan, Akhir Santoso mengatakan, pihaknya bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menggagalkan kasus penyelundupan hewan langka tersebut.

"Kita berhasil menggagalkan penyelundupan dua ekor anak orangutan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Senin (26/4/2021) malam," kata Akhir dalam rilisnya, Selasa (27/4/2021).

Penggagalan ini berkat investigasi tim di lapangan.

Dia menjelaskan dua ekor anak orangutan ini berasal dari Lubuk Pakam, Sumatera Utara dan akan dibawa menuju Tangerang, Banten.

Baca juga: Balai Karantina Pertanian Lampung dan KSKP Bakauheni Gagalkan Penyelundupan 870 Ekor Burung Ilegal

"Pada saat diamankan, orangutan tersebut dimasukkan dalam keranjang buah berukuran kecil yang ditempatkan di bagasi bus," kata Akhir.

Orangutan Sumatera berjenis kelamin jantan dan betina ini diperkirakan berumur kurang dari 1 tahun.

Menurut Akhir, kedua orangutan ini merupakan spesies langka.

"Jadi kedua hewan ini sedang kita amankan di Kantor Karantina Pertanian Lampung untuk penanganan lebih lanjut. Sekarang kasus ini masih dalam proses penyelidikan," kata Akhir.

Baca juga: Balai Karantina Pertanian Gagalkan Penyelundupan 9 Elang Brontok dari Lampung Selatan

Selain itu, tim gabungan juga berhasil menyita burung puyuh tarun-tarun sebanyak 20 ekor dan burung madu 30 ekor asal Lampung.

Karantina Pertanian Lampung juga menyita burung puyuh tarun-tarun sebanyak 20 ekor dan burung madu 30 ekor di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Senin (26/4/2021) malam.
Karantina Pertanian Lampung juga menyita burung puyuh tarun-tarun sebanyak 20 ekor dan burung madu 30 ekor di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Senin (26/4/2021) malam. (Dok Karantina Pertanian Lampung)
Halaman
12
Penulis: Bayu Saputra
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved