Breaking News:

Tribun TV Lampung

IKADIN Lampung: Advokat Wajib Jalankan Profesinya Secara Benar

Dalam menjalankan tugasnya, advokat diwajibkan memegang teguh profesi secara benar.

screenshot
Ketua Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN)  Lampung  Alian Setiadi dalam acara Tindak (Tribun Kriminal dan Hukum) yang tayang di Tribun TV Lampung, Jumat (30/4/2021). IKADIN Lampung: Advokat Wajib Jalankan Profesinya Secara Benar 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dalam menjalankan tugasnya, advokat diwajibkan memegang teguh profesi secara benar.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Lampung Alian Setiadi dalam acara Tindak (Tribun Kriminal dan Hukum) yang tayang di Tribun TV Lampung, Jumat (30/4/2021).

Alian menuturkan dalam proses peradilan advokat merupakan penegak hukum.

"Sistem peradilan pidana ada kepolisian, lalu kejaksaan, pengadilan, Lapas, dalam proses peradilan itu maka advokat itu berperan sebagai penegak hukum untuk menjaga sisten keadilan dan kebenaran," tegasnya.

TONTON DI SINI : Hak Imunitas Profesi Advokat

Alian menuturkan jika advokat dan pengacara adalah kata yang sama.

"Namun dalam undang undang disebut advokat kalau proses atau pekerjaannya mendampingi klien baik masyarakat miskin atau lapisan lainnya saat berhadapam dengan hukum," paparnya.

Lanjutnya advokat dalam kontek penegakan hukum sebenarnya mendampingi klien untuk memperjuangkan haknya.

"Dan bisa membantu permasalahan klien yang tengah berjalan perkaranya dan sebagaimana Kerangka HAM apapun latarbelakang kasusnya wajib dibela karena pelaku pidana memiliki hak yang sudah diatur dalam undang undang," imbuhnya.

Alian menambahkan advokat bisa saja terjerat hukum walaupun dalam UU advokat dikenal hak imunitas.

"Tapi itu bukan kekebalan terhadap hukum tetapi harus didasarkan itikad baik berlandaskan UU dan perundang undangan.  Seperti advokat mendampingi pelaku pembunuhan lalu advokat dilaporakan gak bisa digugat," jelasnya.

"Kecuali misal kasusnya Fredrich Yunadi yang sehingganya ditetapkan tersangka yang  mana telah merekayasa kasus kliennya yang mana berusaha melarikan tersangka dan itu diluar kerja advodkat," imbuhnya.

Alian menambahkan advokat sudah semestinya memegang teguh profesi secara benar.

"Dan tak melanggar perundang undagan jadi gak usah takut selama benar," tutupnya.

( Tribunlampung.co.id / Hanif Mustafa )

Penulis: hanif mustafa
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved