Breaking News:

Liga Chanmpions

UEFA Turut Serta Kampanye Boikot Media Sosial, Perangi Pelecehan Rasisme di Media Daring

Badan sepak bola Eropa UEFA akan bergabung dengan sejumlah organisasi sepak bola untuk melakukan kampanye boikot terhadap media sosial sebagai aksi un

AFP via Getty Images
UEFA Turut Serta Kampanye Boikot Media Sosial, Perangi Pelecehan Rasisme di Media Daring 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID Badan sepak bola Eropa UEFA akan bergabung dengan sejumlah organisasi sepak bola untuk melakukan kampanye boikot terhadap media sosial sebagai aksi unjuk rasa solidaritas melawan pelecehan rasismes di media online.

Inisiatif Ini yang diumumkan bersama akhir pekan lalu oleh FA, Liga Premier, EFL, Liga Super Wanita FA, Kejuaraan Wanita FA, PFA, LMA, PGMOL, Kick It Out, dan FSA.

UEFA dan sejumlah asosiasi olahraga dunia ini akan melakukan aksi menonaktifkan seluruh kanal resmi UEFA di berbagai media sosial mulai Jumat (30/4/2021) pukul 21.00 WIB sampai Selasa (4/5/2021), pukul 05.59 WIB. 

Keterlibatan UEFA mengikuti Rugby Football Union, Rugby Football League, English Cricket Board, Lawn Tennis Association dan The Professional Darts Corporation dan Professional Darts Players ’Association.

Kampanye ini juga mendapat dukungan dari penyiar BT Sport, Sky Sports, Amazon Prime dan talkSPORT.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan tindakan perlu diambil setelah meningkatnya pelecehan dan kebencian online yang ditujukan pada pemain sepak bola dan mereka yang terlibat kompetisi tersebut.

"Ada pelanggaran baik di lapangan maupun di media sosial. Ini tidak bisa diterima dan perlu dihentikan, dengan bantuan publik dan otoritas legislatif dan raksasa media sosial," katanya dalam sebuah pernyataan.

Wasit Rumania Ovidiu Hategan (dengan warna kuning) melewati gelandang Italia Paris Saint-Germain Marco Verratti (CL) setelah pertandingan ditangguhkan di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. Pertandingan Liga Champions Paris Saint-Germain yang menentukan melawan Istanbul Basaksehir ditangguhkan hari ini di babak pertama karena para pemain mundur di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan. Siaran Langsung Liga Champions PSG vs Istanbul BB, Resmi Dilanjutkan Seusai Insiden Rasis Wasit 4. (FRANCK FIFE / AFP)
Foto DOK : Wasit Rumania Ovidiu Hategan (dengan warna kuning) melewati gelandang Italia Paris Saint-Germain Marco Verratti (CL) setelah pertandingan ditangguhkan di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions UEFA antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Istanbul Basaksehir FK di stadion Parc des Princes di Paris, pada 8 Desember 2020. Pertandingan Liga Champions Paris Saint-Germain yang menentukan melawan Istanbul Basaksehir ditangguhkan hari ini di babak pertama karena para pemain mundur di tengah tuduhan rasisme oleh salah satu ofisial pertandingan. Siaran Langsung Liga Champions PSG vs Istanbul BB, Resmi Dilanjutkan Seusai Insiden Rasis Wasit 4. (FRANCK FIFE / AFP) (FRANCK FIFE / AFP)

"Membiarkan budaya kebencian tumbuh dengan impunitas berbahaya, sangat berbahaya, tidak hanya untuk sepak bola. Tapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan.

Pria berkebangsaan Slovenia itu juga mengapresiasi inisiatif yang ditempuh otoritas sepak bola Inggris, yang juga diperlihatkan secara solider oleh seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

"Ini saatnya sepak bola mengambil sikap dan saya terkesan dengan solidaritas yang diperlihatkan para pemain, klub dan segenap pemangku kepentingan," ujarnya.

"Saya mengajak segenap pihak baik itu pemain, klub maupun asosiasi negara, untuk mengajukan keluhan resmi setiap kali pemain, pelatih, wasit ataupun ofisial menjadi korban dari pesan-pesan daring yang tidak bisa diterima.”

Kami sudah muak dengan para pengecut yang bersembunyi di balik anonimitas mereka untuk memuntahkan ideologi berbahaya mereka," pungkasnya." ( Tribunlampung.co.id / Romi Rinando )

Berita Liga Champions lainnya

Penulis: Romi Rinando
Editor: Resky Mertarega Saputri
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved