Breaking News:

Liputan Eksklusif Tribun

Banyak Desa di Lampung Blankspot, Main Facebook Tunggu Larut Malam

Pada era yang menuntut serbadigital saat ini, masih banyak wilayah di Lampung yang belum terjamah jaringan telekomunikasi dan internet atau blankspot.

Dokumentasi
Ilustrasi petugas melakukan perbaikan tower telekomunikasi. Pada era yang menuntut serbadigital saat ini, masih banyak wilayah di Lampung yang belum terjamah jaringan telekomunikasi dan internet atau blankspot. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Pada era yang menuntut serbadigital saat ini, masih banyak wilayah di Provinsi Lampung yang belum terjamah jaringan telekomunikasi dan internet alias blankspot.

Warga kesulitan berkomunikasi jarak jauh, pamongnya juga terhambat ketika beraktivitas yang mengharuskan ketersediaan sinyal dan jaringan internet.

Di Kabupaten Mesuji, misalnya. Ada 75 desa yang blankspot merujuk pendataan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.

Sementara di Kabupaten Pesisir Barat, setidaknya 70-an desa masih kesulitan jaringan telekomunikasi dan internet. Lalu di Kabupaten Lampung Barat, masih ada 30-an desa.

Wartawan Tribun Lampung menelusuri beberapa desa di tiga kabupaten tersebut untuk membuktikan masih ada wilayah yang blankspot.

Hasil pemantauan, Kamis (29/4/2021) dan Jumat (30/4/2021), jaringan telekomunikasi dan internet di beberapa desa itu lemah, bahkan tidak ada sama sekali.

Warga dan aparat desa gusar karena sulit untuk menelepon, bermedia sosial, hingga mengikuti rapat virtual.

Di Mesuji, wartawan Tribun menyambangi dua desa, yaitu Desa Adi Karya Mulya di Kecamatan Panca Jaya dan Desa Tri Karya Mulya di Kecamatan Tanjung Raya.

Dari pusat kota di Pasar Simpang Pematang, jarak menuju Desa Adi Karya Mulya mencapai 20 kilometer (km).

Melewati Jalan ZA Pagar Alam, kondisi jalan berupa bebatuan onderlagh dan rigid beton yang terputus-putus. Kebun karet menyambut sekitar 1,5 km sebelum memasuki desa hingga tiba di desa itu.

Halaman
1234
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved