Breaking News:

UM Metro

Jazim Ahmad Memaknai Hari Pendidikan dimasa Pandemi

Hari pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei. Peringatan hari pendidikan nasional telah ditetapkan sejak 28 November 1959 silam yakni mel

ist
Rektor UM Metro Jazim Ahmad 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Hari pendidikan nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei. Peringatan hari pendidikan nasional telah ditetapkan sejak 28 November 1959 silam yakni melalui surat keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 tahun 1959.

Peringatan hari pendidikan nasional ini juga bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara, pahlawan sekaligus bapak pendidikan nasional karena beliau telah berjuang untuk merintis pendidikan di tanah air agar rakyat pribumi dapat merasakan bangku pendidikan sama seperti anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya.

Sesungguhnya Ki Hajar Dewantara hanya ingin generasi-generasi muda Indonesia memperoleh pendidikan yang layak, memiliki pengetahuan, ilmu, dan bekal yang cukup untuk bertahan dan bersaing dengan bangsa lain. Beliau juga berharap, generasi muda Indonesia dapat mengharumkan nama bangsa dan menjadikan bangsa ini semakin maju.

Hingga saat ini, peringatan hari pendidikan nasional telah diperingati sebanyak 62 kali. Namun peringatan hari pendidikan nasional tahun ini masih sama seperti tahun lalu, masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga tidak banyak hal yang bisa dilakukan karena pembatasan sosial.

Meskipun berbagai tradisi peringatan hari pendidikan nasional ditiadakan, esensi atau makna hari pendidikan harus tetap dirasakan. Sejatinya peringatan hari pendidikan nasional bukan hanya sebuah ritual upacara bendera atau seremonial lainnya, tetapi hari pendidikan nasional harus menjadi momentum merefleksikan diri sudah sejauh mana kontribusi setiap insan dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Perlu diketahui, pendidikan merupakan proses belajar menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak atau peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Pendidikan dan pandemi Covid-19 bagian dari salah satu bentuk upaya menuju peremajaan alam dan mencerdaskan kehidupan kita bersama. Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, pendidikan merupakan salah satu aspek yang terkena imbasnya. Banyak perubahan dan kebijakan-kebijakan baru yang terpaksa harus diambil oleh pemerintah.

Segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah menuntut kesiapan yang cepat dari berbagai pihak dan segala aspek yang ada. Akibatnya muncul permasalahan-permasalahan baru seperti akses internet yang tidak merata, biaya tambahan dalam melakukan pembelajaran, media pembelajaran daring yang tidak dimiliki semua siswa kesulitan untuk menyesuaikan pembelajaran berbasis IT. Pada masa pandemi seperti ini, proses kegiatan pembelajaran dianggap kurang efektif dikarenakan sebagian besar pelaksanaan pembelajaran hanya melalui penugasan.

Pemerintah, guru, siswa, stakeholder, hingga masyarakat pun harus mampu menarik pelajaran dari pandemi ini. Siswa dan guru dituntut untuk tetap mampu beradaptasi dengan perubahan proses pembelajaran secara jarak jauh. Guru harus pandai-pandai menyesuaikan proses pembelajaran yang didesainnya. Banyak pilihan dan variasi media pembelajaran jarak jauh, dari menggunakan media sosial sampai menggunakan platform Learning Management System (LMS) yang ada.

Hari pendidikan nasional merupakan momentum untuk merefleksikan dan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

Segala aspek harus mampu bersinergi untuk memperbaiki kualitas pendidikan dimasa pandemi Covid-19 saat ini demi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kondisi apapun yang dihadapi termasuk pandemi yang sedang terjadi jangan dijadikan penghalang dalam memaknai hari pendidikan nasional yang sesungguhnya.

Dengan semangat hari pendidikan nasional ditahun 2021 ini sekalipun masih saja dihadapkan pada pandemi Covid-19, kita harus tetap menjiwai benak setiap perangkat pendidikan sehingga upaya mencerdaskan anak bangsa dapat berjalan seperti yang dicita.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved