Breaking News:

Berita Nasional

Kondisi Pilu Iwa Kartiwa, Mantan Komandan KRI Nanggala 402 Jual Rumah untuk Berobat

kondisi Iwa Kartiwa kini sungguh mengenaskan. Bahkan untuk pengobatan, keluarga terpaksa harus jual rumah.

Editor: Heribertus Sulis
Dok. Iwa Kartiwa
Mantan Komandan Satuan Kapal Selam TNI AL Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa semasa masih sehat dan bertugas yang kini terbaring sakit di kediamannya Tasikmalaya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kisah mantan Komandan KRI Nanggala-402 Kolonel Iwa Kartiwa yang terbaring lemah akibat penyakit paru-paru kronis yang dideritanya.

Iwa Kartiwa saat ini masih tercatat sebagai perwira TNI AL dan masih 6 tahun lagi baru memasuki masa pensiun.

Tapi kondisi Iwa Kartiwa kini sungguh mengenaskan karena hanya bisa berbaring lemah. Bahkan untuk pengobatan, keluarga terpaksa harus jual rumah.

Momoh Fatimah (83), ibu kandung Iwa Kartiwa, mengatakan, Iwa mengalami sakit setelah 26 tahun bertugas di kapal selam. Selama ini, lanjut Momoh, Iwa selalu memaksakan bertugas dan rasa sakitnya tak pernah terasa. 

Tak heran, badan Iwa jadi kurus kering dan menderita penyakit paru-paru akibat selalu mengisap bubuk besi saat berlayar di kapal selam. Kini, mantan komandan kapal selam KRI Nanggala-402 itu hanya bisa terbaring lemah dan sulit berbicara.

"Makanya badannya kurus dan kecil. Iwa sangat paham sekali pekerjaan yang diembannya sebagai ahli kapal selam di Indonesia," ujar Momoh, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (1/5/2021) pagi.

Untuk pengobatan Iwa terpaksa menjual rumahnya. Kini Iwa dan keluarganya tinggal di gang sempit yang ada di wilayah Paseh, Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Kondisi Pilu Eks Komandan KRI Nanggala 402, Terbaring Sakit karena Lama Tugas di Kapal Selam

Inilah rumah Sang Kolonel Iwa Kartiwa penakluk kapal selam Indonesia yang saat ini sakit tak berdaya dan tak bisa bicara akibat radiasi serbuk besi kapal selam di rumah gang sempit Jalan Paseh, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/5/2021).
Inilah rumah Sang Kolonel Iwa Kartiwa penakluk kapal selam Indonesia yang saat ini sakit tak berdaya dan tak bisa bicara akibat radiasi serbuk besi kapal selam di rumah gang sempit Jalan Paseh, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/5/2021). ((KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA))

"Kalau rumahnya dulu ada, tapi bukan di Jati, di Parhon itu. Itu sudah lama dijual untuk berobat," kata Heni Hunaeni (62), ibu mertua Iwa.

Heni mengatakan, Iwa merupakan prajurit TNI AL aktif. Masa tugas Iwa masih menyisakan enam tahun lagi menuju waktu pensiun.  

Heni hanya bisa berharap Iwa kembali sehat dan bisa membesarkan ketiga anaknya yang masih kecil.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved