Breaking News:

Menteri LHK ke Lampung

Gagalkan Penyelundupan Anakan Orang Utan, Menteri LHK Beri Penghargaan Polres Lampung Selatan

Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada Polres Lampung Selatan atas keberhasilan menggagalkan upaya pengiriman penyelundupan anakan orang utan.

Dokumentasi Polres Lampung Selatan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat memberikan penghargaan kepada Polres Lampung Selatan. Gagalkan Penyelundupan Anakan Orang Utan, Menteri LHK Beri Penghargaan Polres Lampung Selatan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN –  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada Polres Lampung Selatan atas keberhasilan menggagalkan upaya pengiriman penyelundupan anakan orang utan beberapa waktu lalu.

Penghargaan diberikan kepada jajaran Polres Lampung Selatan dan KSKP Bakauheni serta mitra kementerian ikut berperan dalam upaya pencegahan penyelundupan hewan dilindungi tersebut.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan kementerian yang dipimpinnya begitu memperhatikan terkait spesies orang utan karena telah menjadi salah satu indikator sensitif dalam pembangunan nasional.

"Saya selalu mengatakan kepada Ditjen Gakkum, bahwa ada hukum spesifik yakni hukum lingkungan dan didukung hukum moral, akan tetapi tidak terlepas dari pihak kepolisian karena disitu ada hukum pidana,” ujar dirinya saat melakukan kunjungan ke Polres Lampung Selatan, Senin (3/5/2020).

Dirinya menegaskan, Kementerian LHK akan terus bersama-sama dengan jajaran Polri dalam penegakan persoalan konkrit di lapangan pada sektor lingkungan hidup dan kehutanan.

Kementerian LHK, kata dia, berkomitmen mendukung sepenuhnya pihak kepolisian dalam rangka penyelesaian kasus-kasus penyelundupan dan perdagangan satwa liar, mulai dari proses investigasi hingga proses hukum beracara nantinya.

Baca juga: Dua Anakan Orang Utan Hasil Razia di Pelabuhan Bakauheni Akan Direhabilitasi 

"Persoalan dan fakta lapangan saat ini sangat kongkrit dan sudah tidak bisa lagi diselesaikan dengan gagasan dan retorika. Pola kerjasama lintas lembaga seperti inilah yang sangat diharapkan oleh pemerintah," kata dia.

Sebelum melakukan kunjungan ke Polres, Menteri LHK Siti Nurbaya sempat melihat langsung kondisi 2 anakan orang utang hasil tangkapan oleh tim gabungan di pelabuhan Bakauheni pada 27 April lalu yang dititipkan di lokasi penangkaran JAAN (Jakarta Animal Aid Network) Kalianda.

( Tribunlampung.co.id / Dedi Sutomo )

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved