Breaking News:

Pembalakan Liar di Tanggamus

Korban Kayu Sonokeling Ditipu Foto Kayu, Sertifikat Lahan, dan Dimintai Uang Lagi

Korban penipuan kayu sonokeling di Air Naningan yakni Imron Rosaili melaporkan Gunawan Hadi alias Darus (42) yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangk

Tribunlampung / Tri
Enam orang termasuk Imron Rosaili yang sempat diamankan karena pengangkutan kayu illegal logging kini jadi pelapor kasus penipuan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Korban penipuan kayu sonokeling di Air Naningan yakni Imron Rosaili melaporkan Gunawan Hadi alias Darus (42) yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. 

Kasatreskrim Polres Tanggamus Inspektur Satu Ramon Zamora, korban Imron melaporkan Darus dengan laporan nomor LP/B/537/V/2021/SPKT/Polres Tanggamus/Polda Lampung tanggal 5 Mei 2021.

Maka saat ini Imron Rosaili yang semula diamankan karena pengangkutan kayu diduga hasil illegal logging kini jadi pelapor. Dia melaporkan Darus atas kasus penipuan.

"Korban melaporkan tersangka untuk dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan," kata Ramon mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya. 

Ia menjelaskan, dalam laporannya, Imron dibohongi jika ada kayu milik warga sebanyak 4,5 kubik. Darus mengatakan kayu sonokeling tersebut seharga Rp 10 juta. Dan menunjukan foto kayu sonokeling tersebut berikut foto surat tanah tempat asal kayu.

Lantas Imron mentransfer uang Rp 5,8 juta sesuai harga yang disepakati. Selanjutnya bersama empat orang menuju lokasi kayu tersebut, namun kayu tidak ada. 

Lalu mereka kembali ke Dusun Podomoro Pekon Negeri Agung Kec. Talang Padang tempat Darus.  

Dan keesokan harinya korban menuju tempat yang sudah ditunjukkan dan hanya melihat kayu sonokeling sebanyak lima batang yang tidak sesuai dengan gambar. 

"Saat itu tersangka Darus kembali meminjam uang sebesar Rp 500 ribu, sehingga total uang yang masuk ke tersangka Rp 6,3 juta," tambah Ramon.

Untuk perkara ini polisi mengamankan barang bukti satu unit ponsel merek Oppo warna hitam.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved