Berita Euro 2021

JADWAL Euro 2021, Makna Filosofis di Balik Nama Bola Resmi 'Adidas Uniforia'

Jelang jadwal Euro 2021 yang kurang dari sebulan ke depan akan bergulir, UEFA mengungkap alasan pemilihan nama bola Adidas Uniforia.

Penulis: Hurri Agusto | Editor: Noval Andriansyah
AFP/Cristof Stache
Ilustrasi. Jelang jadwal Euro 2021 yang kurang dari sebulan ke depan akan bergulir, UEFA mengungkap alasan pemilihan nama bola Adidas Uniforia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Jelang jadwal Euro 2021 yang kurang dari sebulan ke depan akan bergulir, UEFA mengungkap alasan pemilihan nama bola Adidas Uniforia.

Turnamen sepak bola terbesar di Benua Eropa, yakni jadwal Piala Eropa 2021 akan dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Sama halnya turnamen sepak bola lainnya, Euro 2021 juga menggunakan bola khusus dalam menjalankan kompetisinya.

Para pemain bintang Euro 2021 direncanakan bakal menggunakan bola Adidas Uniforia sebagai bola resmi selama turnamen berlangsung.

Diketahui, UEFA telah merilis penggunaan Adidas Uniforia sebagai bola resmi Euro 2020 pada November 2019 silam.

Baca juga: Jelang Penyisihan Grup Euro 2021, Berikut Sejarah Laga Inggris vs Skotlandia

Walaupun hanyalah bola yang nantinya akan ditendang dan diperebutkan para pemain, Adidas Uniforia justru memiliki makna mendalam di balik namanya.

Dilansir dari Tribunkaltim.co, Senin (17/5/2021)  melansir laman UEFA.com, keragaman adalah inspirasi di balik pemilihan nama bola Adidas Uniforia yang akan digunakan sebagai bola resmi di Euro 2021.

Ilustrasi pembagian daftar grup Euro 2021. Pertandingan Turki vs Italia akan menjadi partai pembuka babak penyisihan Grup A Euro 2021
Ilustrasi pembagian daftar grup Euro 2021. Pertandingan Turki vs Italia akan menjadi partai pembuka babak penyisihan Grup A Euro 2021 (AFP)

Nama Adidas Uniforia berasal dari dua kata yakni Adidas dan Uniforia.

sebagaimana diketahui, Adidas merupakan sponsor resmi turnamen Euro 2021.

Sedangkan penamaan Uniforia memiliki arti yang lebih filosofis lagi.

Baca juga: JADWAL Euro 2021, Turki vs Italia Jadi Laga Pembuka, Tayang Live Streaming Mola TV

Uniforia merupakan gabungan dari dua kata, yakni Uni dan Euforia.

"Ini membawa semangat persatuan dan euforia yang bisa dibawa oleh kompetisi tim nasional tingkat atas."

"Bola Uniforia dirancang untuk merayakan inklusivitas yang akan menginspirasi turnamen ini," tulis laman resmi Uefa.com.

Sekaligus menandai peringatan ke-60 UEFA Euro, final musim panas mendatang akan dimainkan di 12 negara Eropa yang berbeda dan format baru turnamen adalah inspirasi untuk bola resmi pertandingan.

Desain bola Adidas Uniforia mencakup gagasan jembatan penyeberangan, batas yang kabur, dan keragaman yang akan menyertai turnamen, melalui campuran seni dan sepak bola yang unik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved