Breaking News:

Kota Metro

Diskes Metro Terjunkan Mobil PCR Swab Warga Hasil Tracing Pasien Covid

Dinas Kesehatan Kota Metro terjunkan mobil PCR untuk melakukan swab kepada warga hasil tracing dari pasien positif covid-19. 

Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
 mobil PCR tengah melakukan uji swab di Gedung Pramuka tempat isolasi pasien positif covid-19 

 
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Kesehatan Kota Metro terjunkan mobil PCR untuk melakukan swab kepada warga hasil tracing dari pasien positif covid-19. 

Kasi Surveilan Dinkes Kota Metro Bambang Ariyadi mengatakan, mobil swab PCR untuk melakukan uji swab kepada anggota keluarga atau kerabat pasien positif, yang merupakan hasil tracing.

"Jadi, setelah Puskesmas terdekat melakuan tracing terhadap keluarga atau kerabat pasien, jika ada yang hasil rapid antigennya reaktif, maka dilakukan uji swab PCR. Nah, kalau tidak di rumah sakit, kami (mobil PCR) yang ke lokasi atau puskesmas terdekat," ujarnya, Selasa (18/5).

Dijelaskannya, Mobile PCR akan datang ketika puskesmas meminta. Selain itu, pihaknya juga melayani pasien yang melakukan isolasi di Bumi Perkemahan (Buper) untuk swab.

"Berhubung Mobile PCR ini hanya ada satu unit, jadi kami mendatangi sesuai permintaan. Kemudian melakukan follow up untuk pasien yang isolasi. Sehari kita pernah melakukan sampai 30 pemeriksaan," terangnya.

Baca juga: Naik Kereta Kini Wajib Tes PCR, Berlaku 1x24 Jam

Namun demikian, Bambang mengaku, rata-rata di Kota Metro hanya 10 sampai 12 orang sehari yang dites mobil PCR. Sementara untuk teknis, hasil akan dikirim ke Labkesda Bandar Lampung. Kemudian menunggu waktu tiga hari hasilnya keluar. 

"Nah kalau nanti hasilnya positif maka mereka (pasien) akan isolasi. Isolasi juga dapat dilakukan di rumah jika keadaan rumah layak, jika tidak yang bersangkutan akan melakukan isolasi di ruang yang telah disediakan oleh pemerintah," imbuhnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang masuk tracing dan diswab diminta melakukan isolasi mandiri di rumah sampai hasil keluar.

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved