Breaking News:

Metro

Kejari Metro Musnahkan Barang Bukti Sabu hingga Tembakau Gorila

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Metro memusnahkan barang bukti yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Kamis (20/5/2021).

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung / Indra Simanjuntak
Kejari Metro memusnahkan barang bukti perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Kamis (20/5/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Metro memusnahkan barang bukti perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Kamis (20/5/2021).

Kepala Kejari Kota Metro Virginia Hariztavianne mengatakan, pemusnahan barang bukti sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang hukum acara pidana.

Jaksa sebagai eksekutor melaksanakan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

"Sebagai eksekutor, jaksa tidak hanya melakukan eksekusi terhadap badan. Namun juga menyelesaikan eksekusi secara tuntas terhadap seluruh amar putusan pengadilan. Dan salah satunya melakukan eksekusi barang bukti," ujar Virginia Hariztavianne.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 72 perkara tindak pidana umum.

Baca juga: Begini Cara Polda Lampung Uji Barang Bukti Narkoba Sebelum Dimusnahkan

Terdiri dari tindak pidana narkotika sebanyak 61 perkara dan tindak pidana umum lainnya sejumlah 11 perkara, dari bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Mei 2021.

"Barang bukti itu berupa narkotika jenis sabu dan jenis ganja, tembakau gorila, alat elektronik komunikasi, pakaian, kunci T, serta senjata tajam," imbuhnya.

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara direndam air, lalu dihancurkan dengan blender, dipotong, dan dibakar, sehingga tidak dapat digunakan lagi.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menimbulkan efek jera bagi pelaku tindak pidana dan kepatuhan hukum di wilayah hukum Metro semakin meningkat," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved