Breaking News:

Tanggamus

Polsek Cukuh Balak Mediasi Masalah Batas Tanah

Polsek Cukuh Balak memediasi perselisihan dua warga Pekon Sawang Balak di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus karena permasalahan batas tan

Polsek Cukuh Balak Mediasi Masalah Batas Tanah
Tribunlampung / Tri
Polsek Cukuh Balak memediasi perselisihan dua warga Pekon Sawang Balak di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus karena permasalahan batas tanah.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polsek Cukuh Balak memediasi perselisihan dua warga Pekon Sawang Balak di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus karena permasalahan batas tanah.

Menurut Kapolsek Cukuh Balak Inspektur Dua Eko Sujarwo, perselisihan melibatkan warga bernama Jusairi (38) dan Apriansyah (37).

Perselisihan batas tanah mengakibatkan kedua belah pihak saling mengancam.

Sehingga dilakukan langkah antisipasi pencegahan tindakan yang tidak diinginkan.

"Atas peristiwa tersebut, kami memfasiltasi penyelesaian melalui rembuk pekon di Balai Pekon Sawang Balak," kata Eko Sujarwo, mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Anak Gugat Ibu Kandung 70 Tahun Gegara Tanah Warisan

Rembuk pekon dihadiri langsung kedua belah pihak, dan didampingi Kakon Sawang Balak Adi Munawar, saksi Ahmad Yusuf, Yasir dan Bhabinkamtibmas Bripka Alan Prayogi.

Selanjutnya dari rembuk pekon disepakati pihak pertama dan pihak kedua telah sepakat melakukan perdamaian untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

Dalam musyawarah tersebut, kedua belah pihak sepakat berdamai.

Kedua belah pihak juga sudah saling memaafkan dan berjanji tidak akan saling mengancam, serta sanggup untuk menahan diri.

Ketiga, mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saling mengancam.

Keempat, permasalahan batas tanah akan diselesaikan dengan jalan kekeluargaan oleh Ketua Adat Raja Pengulihan dengan baik-baik.

Kelima, pihak yang mengingkari isi perdamaian ini akan dituntut sesuai hukum yang berlaku.

Selanjutnya Polsek Cukuh Balak berharap melalui rembuk pekon ini kedua belah pihak dapat mempererat kembali persaudaraan dan kekeluargaan seperti semula.

"Mari selesaikan masalah dengan kepala dingin. Kami melalui Bhabinkamtibmas siap memfasilitasi jika terdapat masalah sehingga ke depan dapat kembali menjalin kekeluargaan dengan baik," kata Eko.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved