Breaking News:

ADVERTORIAL

Kemenkumham Lampung Gelar Diseminasi Layanan Administrasi Hukum Umum

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Ditjen Administrasi Hukum Umum.

Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung / Joviter
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM menggelar diseminasi layanan administrasi hukum umum tentang kebijakan terkait pelaporan pemilik manfaat (beneficial ownership) kepada korporasi di Radison Hotel, Bandar Lampung, Jumat (28/5/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM melakukan diseminasi layanan administrasi hukum umum tentang kebijakan terkait pelaporan pemilik manfaat ( beneficial ownership) kepada korporasi, di Radison Hotel, Bandar Lampung, Jumat (28/5/2021).

Kakanwil Kemenkumham Lampung melalui kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Dirjen Administrasi Hukum Umum.

"Terkait penerapan prinsip mengenali pemilik manfaat dari korporasi dalam rangka pencegahan tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana terorisme," kata Nur Ichwan.

Nur Ichwan mengatakan, kejahatan lintas negara seperti penyelundupan, korupsi dapat mengancam stabilitas keuangan negara.

Dalam hal ini korporasi dalam berbagai bentuk kerap digunakan untuk menyamarkan tindak pidana tersebut.

Oleh karena itu, dengan adanya diseminasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi para korporasi mengenai pemilik manfaat atau beneficial ownership.

"Ini salah satu upaya pemerintah dalam menekan tindak pidana pencucian uang melalui penerapan pemilik manfaat," kata Nur Ichwan.

Kendati demikian, lanjut Nur Ichwan hal tersebut tak akan terwujud tanpa dukungan semua pihak.

Karena itu pihaknya mengadakan diseminasi dengan mengajak sejumlah kalangan hadir dalam kegiatan tersebut seperti pemilik korporasi dan notaris.

"Keberhasilan pemilik manfaat juga perlu dukungan notaris yang mengimplementasikan saat mendaftarkan maupun menjalankan korporasi," kata Nur Ichwan.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri para narasumber Direktur Teknilogi Informasi Ditjen AHU Ibu Sri Yuliani SH.MH. dan Kepala sub Direktorat Badan Hukum Ditjen AHU Ibu Laila Yunara yang dilaksanakan secara Virtual. Serta narasumber dari unsur Notaris Ketua Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Lampung bapak Zul April.

(Tribun Lampung.co.id/Muhammad Joviter)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved