Breaking News:

Kota Metro

Satgas Covid-19 Kota Metro Minta Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur

Satgas Covid-19 meminta rumah sakit menambah tempat tidur terkait status zona merah Bed Occupancy Rate

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
tribun lampung/Indra Simanjuntak
Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Satgas Covid-19 meminta rumah sakit menambah tempat tidur terkait status zona merah Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Metro.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti mengatakan, BOR rumah sakit mencapai 83 persen sehingga ditetapkan sebagai zona merah oleh pusat. BOR adalah tingkat capaian rumah sakit dalam waktu tertentu.

"Jadi, tinggi rendahnya itu dihitung persentase. Apabila sudah di atas 70 persen, maka harus hati-hati karena hunian rumah sakit padat atau tinggi. Sehingga ada kemungkinan kekurangan tempat tidur untuk pasien covid," ungkapnya, Selasa (1/6).

Dijelaskannya, status zona merah BOR ditetapkan pusat berdasarkan laporan aplikasi dari rumah sakit. Ia mengaku, kenyataan saat ini hunian empat rumah sakit rujukan covid-19 di Kota Metro cukup tinggi.

"Dari catatan kami secara manual, itu di atas 70 persen dan pusat 83 persen. Nah, setelah kami dapat dari rumah sakit, ternyata lebih dari 50 persen pasien itu bukan warga Kota Metro, tapi dari luar," imbuhnya yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Metro.

Baca juga: 2 Kelurahan dan 3 Desa di Lampung Utara Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Namun demikian, rumah sakit dan Kota Metro tidak bisa menolak pasien untuk di rawat di Bumi Sai Wawai. Pihaknya memastikan, empat rumah sakit rujukan siap untuk merawat baik warga setempat maupun yang berasal dari luar.

"Kami sudah meminta mengimbau kepada rumah sakit untuk menambah tempat tidur. Ini supaya masyarakat dapat tertampung meski BOR di atas 70 persen," tuntasnya.(Indra Simanjuntak)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved