Breaking News:

Universitas Lampung

1000 Mahasiswa Unila Ikuti Seleksi Program Mahasiswa Wirausaha 2021

Universitas Lampung (Unila) berikan dukungan kepada 1.000 mahasiswa Unila untuk menjadi wirausaha. Dukungan diberikan melalui Program Mahasiswa Wiraus

ist
Universitas Lampung (Unila) berikan dukungan kepada 1.000 mahasiswa Unila untuk menjadi wirausaha. Dukungan diberikan melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) berikan dukungan kepada 1.000 mahasiswa Unila untuk menjadi wirausaha. Dukungan diberikan melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2021.

PMW sebagai salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) bertujuan mendorong mahasiswa menumbuhkan minat dan kreativitasnya di bidang kewirausahaan.

Menurut Budi Harjo, S.Sos., M.IP., selaku Ketua Bidang Kreativitas dan Kewirausahaan Mahasiswa BP2M Unila menjelaskan, program PMW dapat mendorong gagasan-gagasan kreatif di dunia kewirausahaan.

Diharapkan dalam mengembangkan karir ke depannya tidak hanya berorientasi menjadi pegawai negeri atau karyawan.

Budi melaporkan, ada peningkatan minat mahasiswa pada program ini. Hal itu dibuktikan dengan jumlah proposal PMW yang masuk mencapai 367 proposal. Meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, dari proposal yang diajukan mahasiswa, ide-ide kreatifnya luar biasa. Bisa memanfaatkan bahan baku yang memang selama ini tidak pernah dipikirkan maupun memanfaatkan bahan baku tersebut untuk memberikan nilai tambah, merupakan sebuah kebanggaan.

“Sangat kreatif dan luar biasa. Jadi kita ikut bangga terhadap perkembangan mahasiswa Unila dalam hal berwirausaha,” katanya saat ditemui di sela-sela seleksi wawancara PKM, Jumat, 4 Juni 2021.

Kegiatan PMW Unila 2021 dimulai dari tahap pengiriman proposal wawancara, penetapan, support pembiayaan, monitoring, dan penguatan. Satu proposal PMW dibuat kelompok mahasiswa terdiri dari lima orang yang baru akan memulai berwirausaha maupun yang sudah menjalankan usaha.

Pada tahap wawancara, masing-masing kelompok akan menjelaskan garis besar proposalnya. Melalui wawancara, tim seleksi akan mengetahui seberapa besar kemauan dan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha.

“Mereka yang punya motivasi tinggi, itulah yang kita support. Karena motivasi itulah modal utama. Bantuan dana yang diberikan lembaga akan menjadi pendukung,” ujarnya.

200 proposal dengan total 1.000 mahasiswa terpilih akan mendapat support pembiayaan dan monitoring hingga dapat mengikuti kegiatan serupa tingkat nasional.

Apabila ada yang berhasil mendapatkan pembiayaan dari pusat, maka Unila akan memberikan dukungan penguatan melalui program inkubasi. Program ini diharapkan mendukung keberlanjutan road map Unila dalam mewujudkan mahasiswa berwirausaha.

“Kita selaku lembaga perguruan tinggi ingin terus mendorong mereka bisa betul-betul menjadi seorang wirausahawan andal. Jadi bukan hanya untuk menghidupi diri sendiri namun mampu menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.

Novita Sari dan Dika Al Munawaroh, dua perwakilan peserta PMW berharap proposal mereka bisa lolos sehingga bisa membantu meningkatkan proses hingga pemasaran produksi.

“Harapannya dengan mengikuti PMW membantu meningkatkan proses produksi pemasaran, inovasinya lebih berkembang daripada saat ini. Tambahan dana dari program ini akan meningkatkan produksi maupun produktivitas dodol sirsak,” ujar Novita yang mengajukan proposal untuk produknya Dolsir (dodol sirsak).(*)

Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved