Breaking News:

Bandar Lampung

IK-DMI Lampung Rampungkan Program Kaderisasi dan Pembinaan Khatib

Ikatan Khatib - Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) Lampung telah merampungkan program kaderisasi dan pembinaan khatib bersertifikat dengan metode pretest

dokumentasi (IK-DMI
Ikatan Khatib - Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) Lampung melaksanakan kaderisasi Khatib melalui program AKHI (Dokumentasi)  

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Ikatan Khatib - Dewan Masjid Indonesia (IK-DMI) Lampung telah merampungkan secara bertahap program kaderisasi dan pembinaan khatib melalui AKHI (Akademi Khatib Indonesia).

Ketua Pengurus Wilayah IK-DMI Lampung KH Ahmad Dimyathi mengatakan, program AKHI  dilaunching perdana 10 Januari 2021 di Bandar Lampung, Lampung Timur, Lampung Tengah, Tuba Barat, dan lainnya. 

"Visi kami melalui program AKHI adalah mencetak khatib bersertifikat dengan metode pretest dan postest berbasis kompetensi dan wawasan," katanya kepada Tribunlampung.co.id, Kamis (10/6/2021).

Misi program ini adalah menghadirkan khatib berkualitas, moderat, dan  memiliki wawasan integral dengan kebangsaan kenegaraan dan fikih Islam.

Pihaknya sudah melakukan seleksi  tahap I (biodata dan naskah khutbah tematik) dan menjalani pembinaan secara daring maupun luring.

Baca juga: As-Syamil Qibas di Natar Lampung Selatan Sediakan Kambing untuk Akikah dan Kurban

Lalu ada seleksi ke-II, ke-III, dan ke-IV, hingga akhirnya dilakukan Uji Kompetensi Khatib (UKK) untuk mendapatkan 10 nominasi besar.

Uji kompetensi khatib (UKK) menggunakan kurikulum standar minimal khatib (SMK) yang disusun oleh Tim Ahli dari IK-DMI Lampung yang dibahas bersama Ketua Umum IK-DMI Lampung.

Pengumuman pemenang AKHI Kabupaten Lamteng telah dilakukan pada 9 Juni 2021 di Pondok Pesantren Wali Songo, Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada peserta yang meraih juara 1 sampai 3 dan juga harapan 1 sampai 3. Dimana dalam pemberian hadiah mendapatkan dukungan dari BNPT RI, Kapolda Lampung, beberapa kapolres, Badan Wakaf Indonesia (BWI) dan Kementerian Agama Lampung Timur," tandasnya. ( Tribunlampung.co.id / Sulis Setia Markhamah )

Foto: kaderisasi Khatib melalui program AKHI/ Dokumentasi 

Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Hanif Mustafa
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved