Breaking News:

Mesuji

Atasi Persawahan yang Terancam Kekeringan Dinas Pertanian Mesuji Membuat Sumur Bor

Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji terancam kekeringan, Dinas Pertanian Mesuji berencana akan membuat sumur bor untuk mengatasi hal

Dok. Ekbang Mesuji.
Persawahan di Desa Sungai Badak yang terancam kekeringan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Ancaman kekeringan sawah pada musim gaduh terjadi di Desa Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Menurut, Sekertaris Dinas Pertanian Mesuji  Agus Riyanto, ancaman kekeringan ini yang dimungkinkan gagal tanam, karena tidak terjadi turunya hujan dalam kurun waktu yang cukup lama.

"Dinas pertanian sendiri telah memastikan kelapangan bersama Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Kepala Bidang dan PPL, untuk mencari solusi yang diambil agar masalah kekeringan ini dapat teratasi," ujar Agus melalaui saluran telepon, Jum'at (11/6/2021).

Selanjutnya, Agus menilai tindakan yang bisa dilakukan secara cepat adalah dengan berharap turunnya hujan. Sebab, lokasi persawahan mencapai lebih kurang 1 Km dari sumber mata air (primer).

Sehingga, pihaknya telah memikirkan solusi jangka panjang dengan merencanakan membuat sumur bor dengan pendataan dibeberapa titik persawahan.

Baca juga: MKKS SMK Lamteng Gandeng Jaksa dan Polri dalam Sosialisasi Pendanaan Pendidikan

"Agar kedepannya tidak ada lagi kendala terhadap kekeringan pada saat tanam gaduh ini," ucapnya.

Meskipun demikian, Agus meyebut belum dapat memastikan kapan realisasi sumur bor dapat terlaksana, karena solusi atasi kekeringan tersebut baru didapat dan sedang dilakukan tindakan lebih lanjut. ( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf ) 

Caption: Persawahan di Desa Sungai Badak beberapa waktu lalu. Dok. Ekbang Mesuji.

Penulis: M Rangga Yusuf
Editor: Hanif Mustafa
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved