Breaking News:

Tulangbawang

Pemkab Tuba Petakan Daerah Rawan Konflik dengan Sistem Informasi Intelijen

Pemkab Tulangbawang lakukan deteksi dini konflik sosial untuk mencegah lebih dini potensi konflik yang bakal muncul di masyarakat dengan intelejen.

Pemkab Tuba Petakan Daerah Rawan Konflik dengan Sistem Informasi Intelijen
Tribunlampung / Endra
Kepala Badan Kesbangpol Tulangbawang Khamami Ria. Pemkab Tulangbawang petakaan daerah rawan konflik.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pemkab Tulangbawang memperkuat upaya pencegahan dan deteksi dini konflik sosial di tengah masyarakat dengan memperkuat sistem informasi intelijen di wilayah setempat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah lebih dini potensi konflik yang bakal muncul di masyarakat sehingga tidak pecah menjadi konflik sosial.

Kepala Kesbangpol Tulangbawang, Khamami Ria mengatakan pihaknya terus membangun komunikasi dan sistem informasi yang akurat dan cepat dengan seluruh perangkat intelijen diwilayah Tuba.

"Dengan begitu, dapat senantiasa melakukan deteksi dini dan pencegahan munculnya konflik sosial yang dapat dilatarbelakangi oleh beberapa faktor," terang Hamami Ria, Jumat (11/06/2021).

Khamami Ria mengatakan deteksi dilakukan sekaligus untuk mencegah kemungkinan timbulnya konflik sosial di masyarakat.

Baca juga: Polisi Taksir Kerugian Kecelakaan di Kemiling Capai Rp 50 juta

"Kita ingin memperkuat sistem komunikasi intelijen di daerah dalam upaya menekan dan melakukan pencegahan-pencegahan atas kemungkinan munculnya konflik sosial di masyarakat," kata Hamami.

"Sejak dini kita harus tahu adanya pemicu munculnya konflik, agar dapat segera diatasi dan diredam. Dengan memperkuat sistem komunikasi ini," imbuhnya.

Hamami memastikan, ada beberapa Kecamatan di wilayah Tulangbawang yang telah dipetakan kerap terjadi konflik.

"Seperti di Gedung Menang, kita petakan sebagai daerah rawan konflik soal tanah. Nah, ada lagi salah satu Kecamatan yang dipetakan rawan konflik Radikalisasi," kata Khamami Ria.

"Nah, daerah yang kita petakan ini kita pantau, untuk mendeteksi lebih awal. Caranya, dengan memperkuat sistem informasi perangkat Intelijen, juga sinergitas dengan masyarakat," tandas Khamami Ria. ( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Hanif Mustafa
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved