Breaking News:

Tulangbawang

Cakat Raya Tulangbawang Akan Jadi Kawasan Wisata Etnik dan Terintegrasi

Pemkab Tulangbawang ingin menjadikan Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur sebagai kawasan wisata etnik terintegrasi yang artistik.

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok Tribunlampung.co.id
Ilustrasi. Pemkab Tulangbawang ingin menjadikan Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur sebagai kawasan wisata etnik terintegrasi yang artistik. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pemkab Tulangbawang ingin menjadikan Cakat Raya, Kecamatan Menggala Timur sebagai kawasan wisata etnik terintegrasi yang artistik.

Selain terdapat beberapa rumah adat dan miniatur kerajaan Tulangbawang, kawasan yang berada di perlintasan Jalintim tak jauh dari sungai Tulangbawang itu juga akan ditata sebagai tempat UMKM lokal.

"Konsep pembangunan area Cakat Raya memang diarahkan untuk menjadi kawasan wisata etnik terintegrasi dan artistik," kata Kepala Bappeda Tuba Dicky Soerachman, Minggu (13/6/2021).

Dicky memastikan kios yang ada di kawasan tersebut diarahkan untuk menjual produk UMKM masyarakat lokal.

Baca juga: Pusat Oleh-oleh Cakat Raya Menggala Sajikan Ikan Asap Baung

"Seperti cenderamata atau produk lokal lainnya. Ada sebanyak 1 unit terdiri dari 4 pintu," papar Dicky.

Namun demikian, Dicky memastikan keberadaan kios UMKM itu tetap tidak mengubah esensi dan fungsi kawasan tersebut sebagai kawasan wisata terintegrasi.

Pembangunan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 berikut jalan setapak, toilet, dan sumur bor.

"Perencanaannya memang dari pemerintah pusat. Artinya menu kegiatannya telah ditentukan oleh pemerintah pusat," katanya.

Dinas Pariwisata Tulangbawang, kata Dicky, sudah mengusulkan untuk mendahulukan fasilitas lain, seperti taman, gazebo, dan fasilitas penunjang lainnya.

"Tapi pemerintah pusat tetap menentukan kios cenderamata itu untuk dibangun terlebih dahulu," imbuhnya. ( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved