Breaking News:

Tanggamus

Gunakan Jaring Gardan, Kapal Pencari Ikan Dibakar Nelayan Batu Balai Tanggamus

Kapal penangkap ikan KM Sekar Tanjung dibakar nelayan sekitar lantaran gunakan jaring gardan, sebelumnya para nelayan sudah mengingatkan pemilik kapal

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Asap dari kapal penangkap ikan Sekar Tanjung yang dibakar dampak keributan dengan nelayan Batu Balai, Tanggamus. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Satu unit kapal penangkap ikan KM Sekar Tanjung dibakar setelah terlibat keributan dengan nelayan Batu Balai, Minggu (13/6/2021).

Para nelayan menuding kapal tersebut menggunakan alat differential gear atau dikenal jaring gardan

Menurut informasi yang dihimpun Tribunlampung.co.id, kapal tersebut dibakar di perairan Batu Balai, Kecamatan Limau, Tanggamus.

Sebelum dibakar pihak kapal sudah diperingatkan agar tidak menggunakan alat gardan, sebab dapat menghilangkan tangkap ikan nelayan kecil. 

Kapal dengan peralatan gardan semestinya mencari ikan di laut lepas, bukan di perairan sekitar daratan.

Baca juga: Pasar Talang Padang Tanggamus Ditargetkan Jadi Pasar Wisata

Sebab itu wilayah untuk nelayan kecil.

"Nelayan pancing telah mengingatkan kepada kapal tersebut agar tidak beroperasi di Teluk Semaka. Namun teguran itu tidak dihiraukan. Sehingga terjadilah keributan yang mengakibatkan pembakaran kapal," ujar warga setempat yang enggan disebut namanya.

Anak buah kapal (ABK) Kapal Sekar Tanjung berjumlah 12 orang yang langsung dievakuasi oleh aparat keamanan untuk menghindari amukan massa.

Aparat terdiri gabungan TNI AL dan Polair sudah berusaha mencegah pembakaran kapal. Namun massa sudah terlanjur emosi dan akhirnya membakar kapal tersebut. 

Akibat peristiwa tersebut, kerugian materi hanya pada kapal yang terbakar, sedangkan untuk korban jiwa tidak ada. Usai kapal terbakar massa pun bubar dan kondisi kondusif. ( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved