Breaking News:

Tanggamus

Semua Puskesmas di Tanggamus Kini Layani Vaksinasi Guru

dalam pekan ini seluruh puskesmas di Tanggamus melayani vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Pelaksanaan vaksinasi bagi guru di Puskesmas Gisting, di sini targetnya ada 866 guru yang terima vaksin Covid-19   

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Kesehatan Tanggamus menyatakan dalam pekan ini seluruh puskesmas melayani vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik. 

Menurut Bambang Sutejo, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), vaksinasi ke para guru untuk mengejar target apabila kegiatan tatap muka harus dilaksanakan pada Juli mendatang. 

"Sekarang semua puskesmas sedang melayani vaksinasi untuk para guru. Harapannya sampai Juli nanti semua guru di semua tingkatan sudah menerima vaksinasi," ujar Bambang, Rabu (16/6/2021).

Ia mengaku, dari vaksinasi tersebut, pihaknya bersama Pemkab Tanggamus melakukan monitoring ke beberapa puskesmas untuk mengecek pelaksanaan vaksinasi. 

Vaksinasi bisa dilakukan karena Diskes Tanggamus telah menerima stok vaksin merek Sinovac sebanyak 990 vial. Jumlah tersebut sementara ini cukup karena targetnya 9.811 guru. 

Baca juga: Polres Pringsewu Gelar Vaksinasi Massal Bagi Guru SD dan Lansia

Selanjutnya untuk sasarannya adalah mulai guru tingkat PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA swasta. Sedangkan guru SMA negeri semuanya sudah divaksin karena ada distribusi vaksin dari Dinas Pendidikan Lampung. Jumlah mereka sekitar 700-an guru.

Layanan vaksinasi untuk guru diadakan setiap hari pada jam kerja dan bisa dilakukan sejak Senin sampai Sabtu. Untuk lokasinya di 24 puskesmas yang menaungi sekolah masing-masing. 

Menurut Elfi Wahyuni, koordinator vaksinasi Covid-19 Puskesmas Gisting, pihaknya sudah adakan vaksinasi guru sejak 21 Mei lalu, karena ditunjuk untuk manfaatkan relokasi vaksin.

"Sampai sekarang pemberian vaksin untuk dosis pertama sudah 657 guru, dan dosis kedua baru 31 guru. Para guru itu mulai dari guru tingkatan PAUD, TK, SD, SMP, SMA swasta," kata Elfi.

Ia mengaku, untuk target sendiri ada 866 guru dari 66 sekolah semua tingkatan yang ada di Gisting. Tiap puskesmas hanya melayani guru yang sekolahnya ada di bawah kewenangan puskesmas masing-masing.

"Untuk kendala hanya pada laporannya karena sistem online, jadi kadang sinyal terganggu. Lalu guru ada kepentingan di sekolah seperti ulangan, rapat, jadi ada yang tidak tepat jadwalnya," terang Elfi.

Sementara itu menurut Sri Hartati, seorang guru SMPN 1 Gisting, dirinya ikuti vaksinasi karena untuk lindungi diri dari dampak buruk Covid-19 dan demi dukung kegiatan belajar di sekolah.

"Dari awal saya tidak takut vaksin, malah menunggu kapan divaksin. Sebab saya lihat betul orang yang kena Covid-19, jadi jangan dianggap itu tidak ada, itu memang ada," ujar Sri. (tri yulianto)

 
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved