Breaking News:

Tribun TV Lampung

Simak Penyebab Gejala dan Pengobatan Kanker Payudara

dr Andi Siswandi, Sp.B dari Rumah Sakit DKT mengatakan kanker payudara adalah kanker yang bisa menyerang pria maupun wanita, penyebab kanker payudara

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
tangkapan layar
dr Andi Siswandi, Sp.B dokter dari Rumah Sakit DKT menjelaskam kanker payudara adalah kanker yang bisa menyerang pria maupun wanita di Tribun TV Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kanker hingga saat ini masih menjadi penyakit yang ditakuti, bahkan ada banyak jenis kanker, di antaranya kanker payudara

dr Andi Siswandi, Sp.B dari Rumah Sakit DKT mengatakan kanker payudara adalah kanker yang bisa menyerang pria maupun wanita.

Penyebab kanker payudara adalah hormonal dan genetik atau keturunan.

"Maksud dari faktor keturunan itu adalah ibu, ayah, kakek, atau neneknya ada yang mengalami kanker payudara. Keturunannya juga berisiko mengalami kanker payudara," kata dr Andi dalam webinar yang tayang di Tribun TV Lampung, Rabu 16 Juni 2021.

Selain itu kanker payudara bisa juga disebabkan faktor pekerjaan.

Baca juga: Dosen Bahasa Inggris UM Metro Gelar Webinar Bedah Artikel

Misalnya pekerjaannya sehari-hari berada didekat bahan kimia, yang membuatnya terpapar dan menghirup bahan kimia tersebut terus menerus.

"Kanker payudara dapat juga disebabkan faktor makan makanan cepat saji dan gorengan," jelasnya.

"Apalagi kalau gorengan itu digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali hingga minyak itu hitam," imbuhnya.

Lanjutnya, gejala kanker payudara berawal adanya benjolan di payudaranya dan setiap stadium besarnya benjolan berbeda.

"Stadium 1 benjolannya kurang dari 1 cm, stadium 2 benjolannya lebih dari 2 cm dan kurang dari 5 cm, stadium 3 benjolannya lebih dari 5 cm," beber dr Andi.

Baca juga: Peringati HUT Ke-21 Persari Raharja Gelar Webinar Kesehatan

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved