Breaking News:

Tanggamus

Unik, Satu Pohon Pisang Wonosobo Tanggamus Punya Lima Jantung Pisang

Sebuah pohon pisang milik warga Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo miliki keunikan langka, yakni miliki lima jantung pisang. 

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
Tribun Lampung/Tri Yulianto
Prasiman dengan pohon pisangnya yang miliki lima jantung pada satu pohon di Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo.   

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Sebuah pohon pisang milik warga Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo miliki keunikan langka, yakni miliki lima jantung (bakal buah) pisang. 

Prasiman, sang pemilik pohon pisang tersebut mengaku dirinya yang pertama tahu adanya jantung pisang lima buah. Itu diketahuinya sekitar 10 hari lalu.

"Pertamanya saya lihat dua jantung pisang terus lihat lagi sebelahnya mau ada bakal jantung pisang lagi tiga. Saya juga heran kok banyak amat," ujar Prasiman, Senin (21/6/2021).

Ia mengaku, sebenarnya pohon pisang tersebut dibiarkan saja, tidak terlalu dirawat, misalnya pemberian pupuk, menyiram atau lainnya. Sehingga munculnya lima jantung bagai sebuah keajaiban. 

"Tidak ada perlakuan khusus, selama ini dibiarkan saja, kok malah jantung pisangnya banyak sekali sekarang," ujar Prasiman.

Ia mengaku, setelah ini pun tidak memperlakukan khusus. Rencananya hanya membuat tiang penyangga agar pohon tidak roboh. Sebab ukuran batang pohon pun kecil. Lalu diberi pupuk dan disiram agar bisa menjadi buah semuanya.

Dari lima jantung pisang tersebut, dua jantung pisang muncul dari satu tandan. Lalu, tiga jantung lainnya muncul dari dua tandan yang bercabang. Dan kedua tandan itu percabangan dari ujung pohon pisangnya.

Prasiman mengaku, keunikan pohon pisang tersebut berawal dari bibitnya. Sekitar 10 tahun lalu, dia mendapatkan dari tetangganya. Ketika itu diberi tahu jika bibit pisang itu jenisnya memiliki dua jantung pisang.

Sekadar mencoba, dirinya pun minta bibit pisang tersebut. Dan selama ini memang pohon pisang itu kadang miliki satu jantung atau dua jantung. Namun kali ini yang terbanyak karena ada lima jantung. 

Baca juga: Pisang di Majalengka Tumbuh di Tengah Batang Pohon

"Kalau pohon yang sekarang ini sudah turunan ke berapa tidak ingat lagi. Pastinya kalau pohon-pohon yang dulu kadang ada dua jantung, kadang satu, baru sekarang ini yang paling banyak," jelas Prasiman.

Untuk jenis pisangnya sendiri yakni pisang karimun. Pisang jenis itu adalah pisang buah, rasanya agak asam tapi aromanya wangi. Dan selama ini jenis pisang itu tidak laku, sehingga biasanya hanya untuk konsumsi sendiri.(Tri Yulianto)

 
 

--

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved