Breaking News:

Advertorial

Dinas Kelautan dan Perikanan Tebar Bibit Ikan di Waduk Batu Tegi Tanggamus

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Perikanan Tangkap Sutaryono Api membuka secara langsung kegiatan Restocking

Editor: soni
dokumentasi
Dinas Kelautan dan Perikanan Tebar Bibit Ikan di Waduk Batu Tegi Tanggamus 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung yang diwakili Kabid Perikanan Tangkap Sutaryono Api
membuka secara langsung kegiatan Restocking/Penebaran bibit ikan di Waduk Batu Tegi,Pekon Sinar Sekampung, Kecamatan Air Naningan, Tanggamus, Selasa (22/6/2021).

Turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Kementerian  Kelautan dan Perikanan (KKP) direktorat SDI  dan juga hadir Bupati Kabupaten Tanggamus  Dewi Handajani, serta Ketua dan Anggota Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). 

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Sutaryono Api dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan restocking penebaran bibit ikan ini adalah salah satu upaya pengembalian stok ikan baik sungai, waduk ataupun danau di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami krisis akibat padatnya penangkapan atau tingkat pemanfaatannya yang tidak bertanggung jawab.

Beliau berharap, kedepan pemanfaatan sumber daya ikan di perairan umum harus terkendali serta terjaga kelangsungannya, serta segala usaha pemanfaatan tetap mempertahankan kelestarian ikan di perairan umum.

Menurutnya tujuan dari restocking ini antara lain Meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum (sungai, embung, waduk, danau, dll), melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan di perairan umum, meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat. 

"Selain itu tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum melalui peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan," katanya. 

Sutaryono juga menerangkan potensi sumber daya ikan di perairan laut Lampung mencapai 380.000 ton per tahun dengan peluang pemanfaatan sumber daya ikan sebesar 207,723,25 ton atau 54,66 persen sedangkan produksi perikanan budidaya di Lampung sebesar 156,132,4 ton.

"Oleh sebab itu kegiatan pengembangan dan pengelolaan usaha perikanan di provinsi lampung dari sektor perikanan tangkap maupun sub sektor perikanan budidaya akan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi nelayan yang berada di wilayah Lampung." Ungkapnya. 

Lebih lanjut Beliau menerangkan bahwa kegiatan ini sesuai dengan visi LAMPUNG BERJAYA di sektor kelautan dan perikanan dan mewujudkan prokja melalui target lampung yaitu sebagai lumbung nasional, 5(Lima) besar penghasil ikan air tawar dan penghasil benih ikan, selain itu dalam rangka mengembalikan populasi ikan endemik yakni ikan jelawat dan baung di perairan Lampung. 

Selain dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus dengan Pokmaswas Mandiangan , kegiatan ini juga akan digelar di tiga tempat lain sesuai dengan proposal yang diberikan oleh Pokmaswas dari kabupaten kota di Provinsi Lampung yang telah melalui verifikasi anggaran 2021.

Lokasi lainnya antara lain: Kabupaten TulangBawang Barat Kecamatan Tulang Bawang Udik Desa/Pekon Tiyuh Karta Sungai Way kiri dengan nama pokmaswas Karta Jaya; dan Kabupaten Lampung Selatan Kecamatan Natar Desa Rulung Raya desa/pekon sungai dan embung Desa Rulung Raya dengan nama Pokmaswas Mitra Jaya Abadi Raya 

Sedangkan lokasi terakhir dilaksanakan Hari Rabu (30/6/2021) mendatang di Kota Metro Kecamatan Metro Utara Kelurahan Purwoasri Sungai way raman dengan nama pokmaswas Mina Purwoasri Sari. 

Jumlah total bibit yang disiapkan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dan ditebar pada masing masing kabupaten yaitu bibit jelawat sebanyak 50 ribu dan bibit baung sebanyak 55 ribu.

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved