Breaking News:

Lampung Selatan

Panitia Pilkades Lampung Selatan Wajib Rapid Test Antigen

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lampung Selatan wajib menjalani rapid test antigen.

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung / Dominius Desmantri Barus
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setkab Lampung Selatan yang juga Ketua Panitia Pilkades Supriyanto. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lampung Selatan wajib menjalani rapid test antigen.

Ketua Panitia Pilkades Lampung Selatan Supriyanto mengatakan, diperkirakan ada 5 ribu alat rapid yang dibutuhkan.

"Kami menghitung dari jumlah panitia yang ada, dibutuhkan kurang lebih 5 ribu alat rapid test antigen untuk panitia Pilkades nanti. Semua panitia dihitung untuk dilakukan rapid test antigen, baik panitia inti dan panitia pembantu," kata Supriyanto, Selasa (22/6/2021).

"Kurang lebih jumlah panitia disetiap tempatnya ada 9 orang. Lalu dikalikan dengan jumlah TPS yang ada, terdapat sekitar 457 TPS. Secara teknis dibutuhkan 4.113 alat tes nantinya. Bisa saja lebih. Tergantung situasional di lapangan," sambungnya.

Baca juga: 57 Desa di Mesuji Gelar Pilkades Serentak Tahun Ini

Supriyanto menjelaskan, untuk panitia, baik panitia inti dan panitia pembantu akan dilakukan rapid test antigen dua hari sebelum pilkades dimulai.

"Mereka (panitia) wajib rapid test antigen terlebih dahulu dua hari sebelum acara pilkades berlangsung. Karena surat keterangan bebas Covid-19 tersebut hanya berlaku tiga hari," ungkapnya.

"Kami akan bekerja sama dengan teman-teman dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan untuk membantu rapid test antigen. Mengingat jumlah panitia yang tidak sedikit," sambungnya.

"Karena peralatan ini berhubungan dengan medis, kami meminta bantuan kepada Dinas Kesehatan. Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk rapid test antigen tersebut, kami belum dapat memastikan. Kami masih menunggu data dari teman-teman di Dinas Kesehatan," terangnya.

"Dalam teknisnya nanti jika terdapat panitia yang ternyata hasil tes positif akan kami ganti. Jangan sampai nanti malah menularkan kepada warga yang lain. Harapannya pada Pilkades kali ini dapat berjalan lancar, sehat, serta aman dari segala bentuk penyakit," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / Dominius Desmantri Barus )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved