Breaking News:

Lampung Selatan

Disnakkeswan Lamsel Siapkan 90 Petugas untuk Pemeriksaan Hewan Kurban

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan menyiapkan 90 petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban, jelang Idul Adha 1442 H

Penulis: Dominius Desmantri Barus | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id/Dominius Desmantri Barus
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan Arsyad Husein. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG SELATAN – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lampung Selatan menyiapkan 90 petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban, jelang Idul Adha 1442 Hijriah mendatang.

Kepala Disnakkeswan Lampung Selatan Arsyad Husein mengatakan, seluruh petugas akan berkeliling ke lapak penjual hewan kurban untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan ante mortem hewan kurban sebelum dijual.

"Jelang Idul Adha kami akan mempersiapkan 90 petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban,” kata dia, Sabtu (26/6/2021).

Lanjutnya, petugas juga akan melakukan pemeriksaan sebelum hewan kurban di sembelih. Setelah dipastikan sehat, petugas akan membuat surat keterangan kesehatan hewan dan bisa dijadikan kurban.

Baca juga: Pemkab Lamsel Minta Kades Cepat Laporkan Temuan Kasus Covid-19

"Tetapi jika sewaktu dilakukan pengecekan oleh petugas ternyata hewan tersebut sakit. Maka petugas akan membuat keterangan pada surat bahwa hewan tersebut sedang sakit dan tidak boleh diperjualbelikan," ujar Arsyad.

Tidak hanya pemeriksaan ante mortem. Petugas juga akan melakukan pemeriksaan post mortem.

Pemeriksaan akan dilakukan pada hewan kurban yang telah disembelih, ini untuk memastikan kondisi daging hewan sehat dan layak konsumsi.

"Pengecekan tersebut tidak dikenakan biaya. Pemeriksaan dilakukan untuk keamanan dan kelayanan daging hewan kurban untuk dapat dikonsumsi, sehingga terhindar dari penyakit tertentu yang dapat menular ke manusia,” tegas Arsyad.(Tribunlampung.co.id/ Dominius Desmantri Barus)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved