Breaking News:

Kota Metro

BNN Kota Metro Gandeng Kelurahan Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro meningkatkan peran kelurahan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Kepala BNN Metro Saut Siahaan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Metro meningkatkan peran kelurahan untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNNK Metro Saut Siahaan mengatakan, ada tiga kelurahan yang disiapkan untuk bergerak melakukan sosialisasi narkoba yang menyentuh langsung ke masyarakat. Yakni Kelurahan Iringmulyo Metro Timur, Hadimulyo Barat Metro Pusat, dan Purwoasri Metro Utara.

"Jadi tiga kelurahan bersinar ini bukan hanya sosialisasi maupun menekan tingkat kriminal penyalahgunaan narkotika. Tapi kita siapkan juga agar mereka yang mungkin sudah terpapar atau pecandu itu mau melakukan rehabilitasi," ujarnya, Senin (28/6).

Dijelaskannya, saat ini tingkat peredaran narkoba sangat tinggi. Tak hanya kalangan mahasiswa, pelajar atau pekerja, tapi pengangguran pun banyak yang kedapatan mengonsumsi narkotika. Karenanya, peran kelurahan sangat penting.

"Nantinya, Tim Kelurahan Bersinar dibentuk. Kemudian kita akan melatih lima orang untuk penanganan di sana. Itu sifatnya masih sosialisasi dulu, karena penyalahguna narkotika ini kan dari berbagai kalangan," tukasnya.

Saut mengaku, jika tim mendapati masyarakat yang masuk dalam kasus pecandu narkotika dan bersedia direhabilitasi, maka BNN Metro akan turun melakukan konseling. Jika kasusnya berat, maka akan direhabilitasi BNN Lampung. 

Baca juga: Oknum ASN Konsumsi Sabu, BNN Metro Minta Polisi Usut Sindikatnya

"Dan ini gratis. Tidak ada biaya. Dengan syarat pecandu mau rehabilitasi dan mau berhenti. Itu syarat utamanya dengan dampingan dan dukungan keluarga tentunya. Kami pastikan, identitas aman dan dalam perlindungan hukum. Jadi jangan takut," tandasnya.

Ia menambahkan, BNN Metro melayani rehabilitasi yang sifatnya rawat jalan dengan didampingi dokter psikologi yang membantu pecandu untuk pulih atau berhenti memakai narkoba. (dra)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved