Breaking News:

UM Metro

Duta Besar Kazakhstan Jalin Kerjasama dengan UM Metro

Kazakstan adalah sebuah negara lintas benua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam k

ist
Kazakstan adalah sebuah negara lintas benua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia dan ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Kazakhstan sering di sebut sebagai " Virgin lands ", karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Kazakstan adalah sebuah negara lintas benua yang sebagian besar wilayah termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur.

Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur, hingga Laut Kaspia di barat, menjadikan negara ini sebagai negara terluas ke-9 di dunia dan ke-2 terbesar dalam negara pecahan Uni Soviet setelah Rusia. Kazakhstan sering di sebut sebagai " Virgin lands ", karena beberapa wilayahnya belum tersentuh sama sekali.

Dengan potensi Kazakstan yang luar biasa maka UM Metro menjalin Kerjasama dengan negara tersebut. Proses Kerjasama diawali dengan pelaksanaan webinar internasional yang diprakarsai oleh Kantor Urusan Internasional UM Metro.

Menurut Fenny Thresia, M.Pd selaku kepala KUI UM Metro webinar kali ini mengangkat tema “Possibility of cooperation discussion with Kazakhstan” dengan menggandeng Duta Besar Y. M Rahmat Pramono sebagai narasumber utama. Selasa (29/6/2021)

UM Metro juga menggandeng Prof. Edy Suandi Hamid selaku wakil ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Yordan Gunawan selaku kepala asosiasi kepala kantor urusan internasional (ASKUI). Webinar kali ini diikuti oleh kepala KUI PTMA seluruh Indonesia dan mahasiswa dari berbagai universitas.

Prof. Edy Suandi Hamid berharap agar kampus-kampus PTMA dapat menjalin Kerjasama dengan kampus-kampus yang ada di Kazakstan, baik itu bentuknya pengiriman mahasiswa/dosen untuk belajar kesana atau PTMA menerima mahasiswa Kazakstan untuk belajar di Indonesia.

Senada dengan hal itu Yordan Gunawan juga menyatakan sikap optimisnya untuk dapat Kerjasama dengan kampus-kampus yang ada di Kazakstan karena mengingat sudah banyak mahasiswa asing yang berasal dafri negara tersebut.

Dalam pemaparannya Y. M Rahmat Pramono mengatakan bahwa Kazakstan membuka pintu lebar-lebar untuk Kerjasama dengan Indonesia khususnya dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah (PTMA) di Indonesia.

“Kazakhtsan menyediakan banyak beasiswa bagi warga negara asing yang ingin menempuh Pendidikan disini, terdapat 129 universitas yang bisa dipilih” ungkap Rahmat

Rektor UM Metro, Drs. H. Jazim Ahmad., M.Pd juga berharap agar kegiatan ini dapat berlanjut walaupun ditengah suasana pandemic covid 19. Tidak bisa bertatap muka langsung tidak akan jadi penghalang untuk terus bealajar.

“Kegiatan summer course atau fall course akan kita galakkan walaupun dengan cara dalam jaringan (daring) mengingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk kegiatan langsung” pungkas Jazim.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved