Breaking News:

Lampung Utara

Disdukcapil Lampura Sediakan Info Alamat Domisi Secara Online, Bisa Cek Lewat WA dan FB

Persoalan alamat domisili kerap menjadi masalah saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).Terlebih pada PPBD tahun ini terdapat perubahan.

Penulis: anung bayuardi | Editor: Dedi Sutomo
Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Utara Khairul Anwar. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA – Persoalan alamat domisili kerap menjadi masalah saat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Terlebih pada PPBD tahun ini terdapat perubahan aturan. Penentuan domisili yang berbasis alamat pada Kartu Keluarta (KK) yang terintegrasi dengan sistem informasi di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Dimana, KK yang dapat digunakan untuk pendaftaran PPDB paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB di mulai.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Utara, Khairul Anwar mengatakan, sesuai dengan amanat dari Surat Edaran Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Nomor 471.14/5391/Dukcapil terkait Penerimaan Siswa Baru Tahun Ajaran 2021, dijelaskan bahwa tanggal  pencetakan KK tidak bisa dijadikan dasar lamanya bertempat tinggal/berdomisili di suatu alamat. 

Maka, untuk melihat lama waktu bertempat tinggal/berdomisili dilihat berdasarkan tanggal data entry atau tanggal perpindahan jika melakukan perpindahan penduduk. 

Baca juga: Lampung Utara Catat Penambahan Baru Covid-19 Sebanyak 61 Orang, Tertinggi di Lampung

"Selain permasalahan domisili, banyak pula berbagai kendala umum yang seringkali dihadapi dari tahun ke tahun dalam proses pelaksanaan penerimaan siswa baru ini.” Kata Anwar, Minggu (4/7/2021).

“Seperti, NIK yang tidak ditemukan pada saat pendaftaran online PPDB, NIK tidak sesuai dengan KK, KK yang tercetak kurang dari satu tahun.”

“Lalu nama calon peserta didik di Dapodik yang tidak sesuai dengan dokumen kependudukan, nama di KK tidak sesuai dengan akta kelahiran, dan lain sebagainya," lanjutnya.

Adapun pendampingan secara daring dengan menyiapkan berbagai informasi melalui pelayanan media secara online.

Diantaranya, memberikan sosialisasi terkait tata cara pengecekan NIK melalui laman resmi Disdukcapil (https://disdukcapil.lampungutarakab.go.id/), maupun media sosial lainnya (Facebook, WhatsApp) sebagai sumber informasi layanan.

Dengan adanya pendampingan tersebut, kata Anwar, diharapkan agar pelaksanaan PPDB Tahun 2021 dapat berjalan lancar, dan masyarakat yang mendapatkan permasalahan dengan data kependudukannya mendapat solusi yang cepat dan akurat.

"Kami berharap dengan adanya upaya kolaborasi ini berdampak pada pelaksanaan PPDB tahun 2021 ini lebih baik dari tahun sebelumnya.”

“Dan segala permasalahan terkait data kependudukan dapat diselesaikan sedini mungkin, guna mengantisipasi potensi adanya faktor yang dapat merugikan masyarakat," ujarnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved