Breaking News:

Mesuji

Dispusar Mesuji Gelar Lomba Bercerita, Saply Harap Dapat Populerkan Buku Cerita Budaya Daerah

Bupati Mesuji Saply Th dalam sambutanya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap dilangsungkannya kegiatan lomba bercerita pada Selasa (

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok Pemkab Mesuji  
Bupati Mesuji Saply Th dalam sambutannya di Ruang Dinas Perpustakaan dan Arsip Mesuji, Selasa (6/7/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji melaksanakan kegiatan Lomba Bercerita Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Kabupaten dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan Se-Kabupaten Mesuji Tahun 2021.

Bupati Mesuji Saply Th dalam sambutanya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap dilangsungkannya kegiatan lomba bercerita pada Selasa (6/7/2021).

Menurutnya, kegiatan lomba bercerita diharapkan dapat mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya daerah lokal yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun karakter bangsa.

"Saya harapkan agar kegiatan lomba bercerita ini tetap berlanjut, sehingga dapat meningkatkan motivasi masyarakat secara umum untuk membaca. Terutama ditujukan untuk anak-anak, pelajar dan mahasiswa," ujar Saply.

Baca juga: Petugas BPS Mesuji Pakai Ponsel Data Potensi Desa

Selanjutnya, Saply mengungkapkan bahwa kegiatan membaca sangat diperlukan dalam membantu kecerdasan anak.

Sebab, terus Saply, kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Sehingga peran keluarga menjadi salah satu faktor penting dalam membantu kebiasaan anak membaca.

"Berbeda dengan menonton yang cenderung pasif, kegiatan membaca akan mengaktifkan kemapuan berpikir dan menganalisis," jelasnya.

"Dengan membaca membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi serta menstimulasi imajinasi anak," lanjutnya.

Lebih lanjut, Saply menjelaskan bahwa adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak, melalui berbagai bacaan dan media.

Untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun karakter, kecerdasan, inovasi serta daya kompetitif bangsa.

Bunda Literasi Kabupaten Mesuji Nelly Wati mengatakan, tujuan diadakannya lomba bercerita tingkat SD/MI sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Mesuji untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat sejak dini.

Dikatakannya, lomba bercerita tingkat SD/MI saat ini nantinya akan berlanjut di cabang lomba yang menjadi andalan di tingkat provinsi untuk Kabupaten Mesuji.

"Tahun lalu kita berhasil meraih peringkat ketiga dan semoga tahun ini anak-anak kita berhasil untuk menjuarai cabang lomba tersebut," paparnya.

Nelly berpesan kepada para peserta untuk selalu semangat dan memberikan yang terbaik dalam mengharumkan nama Kabupaten Mesuji di tingkat provinsi maupun nasional nantinya.

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved