Breaking News:

Metro

DKP3 Metro Lampung Terjunkan Tim Antisipasi Kesehatan Hewan Kurban Idul Adha 2021

Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Pertanian Metro akan menerjunkan tim tiap kelurahan untuk mengantisipasi kesehatan hewan kurban Idul Adha.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tribunlampung / Indra Simanjuntak
Kabid Peternakan DKP3 Metro Parjiya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Pertanian (DKP3) Metro akan menerjunkan tim tiap kelurahan untuk mengantisipasi kesehatan hewan kurban Idul Adha 2021.

Kabid Peternakan DKP3 Metro Parjiya mengatakan, pihaknya menerjunkan tim per kelurahan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan serta berkoordinasi dengan panitia hewan kurban.

"Tiap kelurahan ada tiga orang. Total 66 petugas kelurahan kita terjunkan. Itu ditambah lima orang dari tim kota. Jadi sekitar 70-an. Tim juga akan memberikan edukasi mengenai penanganan daging secara baik higienis dan menerapkan sanitasi pemotongan," kata Parjiya, Kamis (8/7/2021).

Dengan harapan, terus Parjiya, pemotongan hewan kurban Idul Adha 2021 dapat memenuhi kriteria aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Baca juga: 23 Hewan Kurban di Pringsewu Mengandung Cacing Hati

Antisipasi dilakukan mengingat hewan kurban tidak hanya berasal dari Kota Metro.

"Karena ada yang sudah arisan atau gaduh ya. Dan itu biasanya hewan dari luar daerah. Seperti Lampung Tengah atau Lampung Timur. Nah, itu yang kita perlu antisipasi dengan mengecek kesehatan hewan," ungkapnya.

Sedangkan untuk ternak lokal, sejak Mei hingga Juni, DKP3 sudah memberikan pengobatan massal kepada peternak agar hewan bebas cacing. "Untuk ternak Metro kita sudah antisipasi sebelumnya. Itu kami memberikan vitamin dan obat cacing kepada 6.000 ternak," imbuhnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved