Breaking News:

Universitas Lampung

Rektor Universitas Lampung Buka Seminar Nasional Ilmu Lingkungan II Pascasarjana secara Virtual

Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., membuka secara resmi Seminar Nasional Ilmu Lingkungan (SnaIL) II Pascasarjana via Zoom meeting,

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., membuka secara resmi Seminar Nasional Ilmu Lingkungan (SnaIL) II Pascasarjana via Zoom meeting, Kamis, 8 Juli 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., membuka secara resmi Seminar Nasional Ilmu Lingkungan (SnaIL) II Pascasarjana via Zoom meeting, Kamis, 8 Juli 2021.

Dalam sambutannya Prof. Karomani menyampaikan, pembangunan merupakan proses perubahan menuju sesuatu lebih baik dan tentu saja memiliki hubungan erat dengan lingkungan.

Konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development diharapkan dapat memfasilitasi persoalan lingkungan, sebagaimana telah dibahas pada konferensi pertama PBB dalam bidang lingkungan hidup tahun 1972 di Stockholm, Swedia, dan saat ini tertuang dalam program Sustainable Development Goals (SDGs).

Terkait permasalahan lingkungan, ia mengutarakan, Unila melalui para sarjana ilmu lingkungannya bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Unila, berkomitmen untuk berperan aktif memberikan kontribusi dalam pengelolaan lingkungan.

Seperti halnya kebutuhan akan pengetahuan dan informasi terkini tentang solusi untuk mengatasi berbagai isu lingkungan yang diperlukan berbagai pihak. Kegiatan SNaIL 2021 akan memfasilitasi stakeholders sebagai media pertukaran pengetahuan dan informasi dalam pengelolaan lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan tercapainya program SDGs dalam hal persoalan penataan lingkungan yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan alam, lingkungan buatan, dan lingkungan sosial.

“Semoga melalui seminar ini, Pascasarjana Unila mampu berkontribusi nyata dalam merumuskan pola tata lingkungan agar terwujud pembangunan berkelanjutan yang didukung semua pihak. Mudah-mudahan ada rekomendasi yang bisa ditindaklanjuti oleh berbagai pihak guna menata lingkungan dan pembangunan ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Seminar Nasional Ilmu Lingkungan (SNaIL) tahun 2021 merupakan seminar tahunan yang diselenggarakan Pascasarjana Unila. SNaiIL 2021 diikuti 31 pemakalah dari berbagai daerah di Indonesia terdiri dari beberapa perwakilan perguruan tinggi dan lembaga pemerintah serta dihadiri hampir 200 peserta.

Selain rektor Unila, SNaiL 2021 menghadirkan beberapa pembicara yakni, Dirjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Dr. Ir. Agus Justianto, M.Sc., mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sekda Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, M.A., Prof. Masno Ginting, M.Sc., selaku Peneliti Bidang Fisika Material LIPI, Irfan Tri Musri selaku Direktur Walhi Lampung. Pembukaan SNaIL turut dihadiri para dekan di lingkungan Unila.(*)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved