Breaking News:

Pendidikan

SMA Negeri 15 Bandar Lampung Launching Smart Digital Library

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15 Bandar Lampung melaunching penggunaan Smart Digital Library secara virtual melalui Google Meeting, Senin.

Penulis: sulis setia markhamah | Editor: Daniel Tri Hardanto
Tangkapan Layar Google MeetingĀ 
SMA Negeri 15 Bandar Lampung melaunching penggunaan Smart Digital Library secara virtual melalui Google Meeting, Senin (12/7/2021) pagi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15 Bandar Lampung melaunching penggunaan Smart Digital Library secara virtual melalui Google Meeting, Senin (12/7/2021) pagi.

Kepala SMA Negeri 15 Bandar Lampung Maria Habiba M.Pd mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 terlebih dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mengharuskan semua pihak untuk tetap berada di rumah saja.

"Saat ini Pemerintah Kota Bandar Lampung menerapkan PPKM Darurat demi menekan kasus Covid-19. Bahkan jauh sebelum itu kegiatan pembelajaran sudah dilakukan dengan PJJ (pembelajaran jarak jauh) baik secara luring maupun daring," kata Maria dalam sambutannya.

Salah satu upaya yang diefektifkan oleh SMAN 15 Bandar Lampung adalah memanfaatkan Smart Digital Library guna mendukung kegiatan pembelajaran siswa dan siswinya.

Baca juga: Cinema Manager CGV Transmart Berharap Tribun Lampung Berkembang dengan Digitalisasi

"Kami melakukan MoU (nota kesepemahaman) dari 25 Mei 2021 lalu dengan pihak PT Gramedia Asri Media Bandung terkait Smart Digital Library berbasis aplikasi ini," ujarnya.

Program perpustakaan digital berbasis aplikasi Smart Library menyediakan e-Book yang bisa digunakan siswa-siswi dan guru SMA Negeri 15 Bandar Lampung.

"Ini upaya dari sekolah untuk memberikan sarana pendukung agar siswa dan guru dapat mendapatkan sumber belajar dan informasi melalui perpustakaan digital ini," jelas Maria.

Harapannya, selain bisa mendukung kegiatan pembelajaran, juga menumbuhkembangkan budaya literasi digital sehingga membaca lebih mudah dan menyenangkan.

"Smart Library menjadi layanan perpustakaan digital untuk meminjam dan membaca e-Book melalui smartphone atau Android dengan mudah di mana pun dan kapan pun," imbuh dia.

Tersedia koleksi data digital dengan beberapa kategori yang akan memberikan banyak manfaat apabila dimaksimalkan penggunaannya. 

"Marilah luangkan waktu untuk membaca meskipun sedikit karena banyak wawasan dan ilmu yang akan didapatkan. Pihak sekolah akan memberikan reward bagi siswa yang rajin mengakses aplikasi ini," tandas dia.

Assistant Store Manager Gramedia Asri Media Bandung Raja Tubagus Wijaya Kusuma mengapresiasi SMAN 15 Bandar Lampung yang sudah memanfaatkan era digital dengan memaksimalkan penggunaan Smart Digital Library. Harapannya bisa meningkatkan literasi siswa-siswi di sekolah tersebut.

"Terima kasih atas kolaborasi dan kerja samanya. Apresiasi dari kami kepada SMA Negeri 15 Bandar Lampung yang sudah mempergunakan literasi digital melalui perpustakaan digital," kata Tubagus.

Dalam Google Meeting yang juga dihadiri siswa-siswi tersebut juga diajarkan bagaimana cara penggunaan Smart Digital Library library untuk siswa-siswi maupun guru SMAN 15 Bandar Lampung.

( Tribunlampung.co.id / Sulis Setia Markhamah )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved