Breaking News:

Mesuji

Tingkatkan Keterampilan Petani, Perpusdes di Mesuji Gelar Sekolah Lapang

Menurut Penyuluh Pertanian Bahrul Ulum, kegiatan itu diikuti 25 orang yang berasal dari anggota kelompok tani di Desa Sidang Kurnia Agung.

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok Perpusdes
Perpusdes dan penyuluh pertanian Kabupaten Mesuji gelar sekolah lapang, Minggu (18/7/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Implementasi Program Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sidang Kurnia Agung, Kecamatan Rawajatu Utara bersama penyuluh pertanian gelar sekolah lapang.

Kegiatan tersebut bertemakan Upaya Meningkatkan Produktivitas Jamur Jakaba yang digelar di Gedung Perpusdes, Minggu (18/7/2021).

Menurut Penyuluh Pertanian Bahrul Ulum, kegiatan itu diikuti 25 orang yang berasal dari anggota kelompok tani di Desa Sidang Kurnia Agung.

"Sekolah lapang merupakan proses pembelajaran nonformal bagi para petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan," ujar Bahrul, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Kuliner Lampung, Saung Pring Wulung Mesuji Lampung Sedia Ikan Nila Bakar

Bahrul melanjutkan, adapun pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari seperti produksi jamur jakaba, kesuburan tanah, mengatasi blas jamur, dan mempercepat pertumbuhan pada tanaman padi.

Selain itu, ungkap Bahrul, para petani juga diharapkan dapat mengenali potensi, menyusun rencana usaha tani, identifikasi masalah dan pemecahannya, mengambil keputusan serta menerapkan usaha tani yang lebih baik.

Lebih lanjut, Bahrul berharap melalui sekolah lapang, para petani dapat menambah ilmu pertanian sekaligus mempraktikkannya di lapangan dengan bimbingan penyuluh pertanian.

"Semoga para petani dapat menerapkan pengetahuan yang diterima dari sekolah lapang, dan juga dapat menyebar kepada petani lain yang belum berkesempatan mengikuti sekolah lapang," paparnya.

"Dengan demikian, harapannya dapat terjadi peningkatan produksi padi," pungkasnya.

( Tribunlampung.co.id / M Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved