Breaking News:

Metro

Komisi II DPRD Metro Minta RS Tipe D dan Puskesmas Dioptimalkan untuk Pasien Covid-19

Komisi II DPRD Metro meminta pemerintah mengoptimalkan rumah sakit tipe D dan puskesmas dalam penanganan Covid-19.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Daniel Tri Hardanto
tribun lampung/Indra Simanjuntak
Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar mengatakan, pengoptimalan RS tipe D sebagai bentuk antisipasi jika ruang rumah sakit rujukan sudah penuh. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi II DPRD Metro meminta pemerintah mengoptimalkan rumah sakit tipe D dan puskesmas dalam penanganan Covid-19.

Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar mengatakan, pengoptimalan RS tipe D sebagai bentuk antisipasi jika ruang rumah sakit rujukan sudah penuh.

Pun demikian dengan ketersediaan oksigen.

"Dari informasi kemarin rumah sakit penuh. Termasuk oksigen juga terbatas. Karena itu kami mengharapkan kepada pemerintah mempersiapkan diri. Mencari solusi dan antisipasi untuk ke depan," ujar Fahmi, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Ananda Omesh Pinjamkan Mobilnya untuk Ambulance Mengangkut Pasien Covid-19, Berikut Profilnya

Ia menilai, rumah sakit tipe D dan puskesmas sudah tersedia peralatan, bangunan, dan lainnya yang lebih memadai dibanding tempat-tempat isolasi yang disiapkan pemerintah daerah.

"Bahkan bila perlu lakukan komunikasi dengan klinik-klinik kesehatan yang ada di Kota Metro. Ini kan sifatnya darurat, jadi perlu kerja sama yang baik untuk itu semua. Kenapa tidak RS tipe D kita dijadikan RS khusus Covid-19. Kalau tidak salah di sana ada 50 tempat tidur," bebernya.

Apalagi, terus Fahmi, jika ditambah puskesmas dan klinik-klinik yang memiliki peralatan memadai, seperti tempat tidur, oksigen, dan alat lainnya meskipun jumlahnya terbatas.

Namun, penanganan bisa lebih optimal.

Karenanya, perlu ada terobosan mengingat jumlah kasus yang terus meningkat di Kota Metro.

"Jangan sampai sudah meledak, kita baru sibuk. Jadi harus ada keberanian. Karena RS kita ini kan rujukan daerah lain," tuntasnya.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved