Breaking News:

Kenali Pemicu Acne Conglobata, Jerawat Besar yang Bernanah

Dokter spesialis kulit di Bandar Lampung dr Antoni Miftah SpKK FINSDV menjelaskan, jerawat seperti itu biasa disebut acne conglobata.

Penulis: sulis setia markhamah | Editor: Daniel Tri Hardanto
Instagram @antonimiftah_official
Dokter spesialis kulit di Bandar Lampung dr Antoni Miftah SpKK FINSDV. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Memiliki wajah berjerawat tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.

Terlebih jika jerawat tersebut berukuran besar, meradang dan bernanah, serta terlihat seperti bertumpuk-tumpuk dan sebagian nampak masih berkomedo.

Dokter spesialis kulit di Bandar Lampung dr Antoni Miftah SpKK FINSDV menjelaskan, jerawat seperti itu biasa disebut acne conglobata.

Apa itu acne conglobata?

Baca juga: Viral Wajah Wanita Cantik Mendadak Dipenuhi Jerawat, Khairasifa Bagikan Kisahnya

Pemicu jerawat atau acne conglobata beragam, seperti faktor keturunan, alergi, hingga kurangnya menjaga kebersihan kulit.

Jika jerawat timbul lantaran faktor keturunan, terusnya, diperlukan terapi hormonal.

Dalam situasi tertentu, tak jarang jerawat conglobata ini muncul justru karena seseorang melakukan perawatan kecantikan yang kurang tepat.

"Misal seseorang melakukan perawatan kecantikan, namun justru timbul jerawat," jelas dokter yang membuka klinik pribadi di Jalan Gajah Mada Nomor 18D, Bandar Lampung ini kepada Tribunlampung.co.id, Selasa (27/7/2021).

"Bisa jadi itu timbul karena alergi terhadap pengobatan kecantikannya yang mengandung zat-zat tertentu. Maka harus diobati sesuai pemicunya," imbuh dia.

Baca juga: Cara Mengilangkan Bekas Jerawat dengan 5 Bahan Alami, Lidah Buaya hingga Madu

Termasuk jika dipicu infeksi, maka akan diobati infeksinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved