Breaking News:

Tanggamus

Tanggamus Lampung Terima Penghargaan Pratama Kabupaten Layak Anak 2021

Kabupaten Tanggamus mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021 kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok Pemkab Tanggamus
Kabupaten Tanggamus mendapatkan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Kabupaten Tanggamus mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak 2021 kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pemberian penghargaan digelar dengan virtual meeting yang diikuti Bupati Tanggamus Dewi Handajani, didampingi Kadis Kominfo Sabaruddin dan Kadis KKPA dan Dilduk KB Edison.

Menurut Menteri PP dan PA I Gusti Bintang Darmavati, melalui penghargaaan Kota Layak Anak Tahun 2021 semuanya diajak menerapkan protokol kesehatan demi memutus penularan Covid-19 dan melindungi anak-anak.

"Kita juga harus sukseskan gerakan vaksinasi Covid-19 dengan menyegerakan diri dan mengajak lingkungan sekitar yang berusia 12 tahun ke atas untuk mendapatkannya," kata Bintang.

Baca juga: Bupati Tulangbawang Apresiasi Inisitif DPRD Bahas Kabupaten Layak Anak

Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing sebagai yang telah ditargetkan dalam RPJMM 2020-2024, semuanya harus menyatukan kekuatan memenuhi hak dan melindungi anak-anak.

Apalagi jumlah anak sepertiga dari populasi penduduk Indonesia.

"Lebih dari itu pemenuhan hak dan  perlindungan khusus anak juga merupakan amanat dari konsitusi UUD 1945, konvensi hak anak yang telah dirativikasi oleh Indonesia serta UU Perlindungan Anak," tambah Bintang.

"Secara umum anak mempunyai empat dasar, yakni hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, serta hak partisipasi. Untuk itu dibentuklah Kabupaten/Kota Layak anak (KLA)," kata Bintang.

Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan dengan pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program, dan kegiatan yang ditujukan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Baca juga: Pemkab Tulangbawang Deklarasi Kabupaten Layak Anak

Kabupaten Kota Layak Anak yang diamanatkan UU Perlindungan Anak yang juga didukung oleh UU pemerintah daerah dipertegas bahwa urusan pemerintah di bidang anak merupakan urusan wajib non-pelayanan dasar yang harus dilakukan pemerintah dan didukung oleh masyarakat, media dan wirausaha sebagai empat pilar pembangunan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved