Breaking News:

Gempa Tanggamus Lampung

BMKG Lampung Sebut Gempa Bumi di Tanggamus Berkekuatan Magnitudo 5,3

BMKG Lampung membeberkan gempa bumi yang terjadi pada Jumat (6/8/2021) petang bersumber di laut dengan jarak 106 kilometer arah selatan Kota Agung.T

Penulis: sulis setia markhamah | Editor: Daniel Tri Hardanto
shutterstock via kompas.com
Ilustrasi. BMKG Lampung menyebut gempa bumi yang terjadi pada Jumat (6/8/2021) petang bersumber di laut dengan jarak 106 kilometer arah selatan Kota Agung, Tanggamus. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung membeberkan gempa bumi yang terjadi pada Jumat (6/8/2021) petang bersumber di laut dengan jarak 106 kilometer arah selatan Kota Agung, Tanggamus.

"Kedalamannya 63 kilometer dengan kekuatan 5,5 magnitudo. Adapun setelah kami mutakhirkan, kekuatan gempa adalah 5,3 magnitudo," jelas Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto saat dikonfirmasi Tribunlampung.co.id, Jumat malam.

Dampak gempa dirasakan di sejumlah daerah sesuai informasi yang masuk ke pihaknya.

"Seperti di Liwa, Pesisir Barat, Kota Agung, Krui, Natar, Bandar Lampung, Panjang, dan sejumlah wilayah lain. Hampir merata di wilayah Lampung," kata dia.

Baca juga: BREAKING NEWS Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Tanggamus Lampung

Namun begitu, BMKG tidak bisa memproyeksikan dan memastikan apakah akan ada gempa susulan tidaknya.

"Tetapi monitoring kami sampai jam dan menit ini belum ada informasi gempa susulan. Namun biasanya ikutan dari gempa selanjutnya biasanya kekuatannya lebih kecil," ujarnya.

Dia juga membenarkan jika titik gempa berada di Selat Sunda karena perairan Kota Agung, Tanggamus masih masuk wilayah Selat Sunda bagian selatan.

"Memang sebenarnya titik gempa masuk Selat Sunda bagian selatan karena selatan Kotaagung itu perbatasan dengan Samudera Hindia," imbuh dia.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Gempa di Tanggamus Lampung Terasa hingga Jakarta

"Tetap ikuti informasi resmi dari BMKG. Kalau di wilayah Kota Agung dan sekitarnya terjadi bangunannya rusak atau ada retak supaya lebih berhati-hati dan waspada," tandas Rudy.

( Tribunlampung.co.id / Sulis Setia Markhamah )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved