Breaking News:

Advertorial

Rumah Sakit Urip Sumoharjo Resmikan Laboratorium PCR

Bersamaan dengan momen HUT RI ke-76, Rumah Sakit Urip Sumoharjo meresmikan Laboratorium PCR, Selasa 17 Agustus 2021.

Editor: Noval Andriansyah
ADV
Bersamaan dengan momen HUT ke-76 RI, Rumah Sakit Urip Sumoharjo meresmikan Laboratorium PCR, Selasa 17 Agustus 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bersamaan dengan momen HUT ke-76 RI, Rumah Sakit Urip Sumoharjo meresmikan Laboratorium PCR, Selasa 17 Agustus 2021.

Peresmian Laboratorium PCR tersebut dihadiri oleh Direktur Rumah Sakit Urip Sumoharjo dr Rio Rimbo, Komisaris Rumah Sakit Urip Sumoharjo dr Taufiqurrahman Sp.OG, dan Perwakilan Komisaris Rumah Sakit Urip Sumoharjo.

Dihadiri juga oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Komisaris Utama PT GSM dr H Surachman, Sp.A dan Jajaran, Direktur PT GSM dr. H. M. Agusni, Sp.B, Kepala UPTD Balai Labkesda Busyairi, SE, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Agus Wibowo, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad SH. M. Si Kabid Humas Polda Lampung, Deni Ribowo Komisi V DPRD, dan Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr Aditya M Biomed

Direktur Rumah Sakit Urip Sumoharjo dr Rio Rimbo mengatakan, sangat bersyukur Laboratotium PCR bisa diresmikan. Laboratorium PCR diresmikan sebagai langkah untuk mempercepat testing dan mempermudah tracing. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Dalam satu hari Laboratorium PCR bisa melakukan testing untuk 100-200 sampel. Namun untuk tahap awal, hanya akan dilakukan testing untuk 100 sampel. Hasil testing tersebut akan keluar dalam 1x24 jam. 

Masyarakat bisa melakukan tes PCR mandiri. Mengenai biayanya, untuk tahap awal Rp 550 ribu. Tapi selanjutnya biayanya akan disesuaikan dengan surat edaran pemerintah yakni sebesar Rp 525 ribu. 

Dokter Rio Rimbo memastikan, berapapun biaya tes mandiri PCR tidak akan mengurangi pelayanan tes PCR. Petugas akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

Namun, untuk saat ini masyarakat belum bisa langsung melakukan tes PCR mandiri, karena baru saja peresmian dan masih dalam tahap persiapan. 

"Kapan masyarakat bisa mulai tes PCR mandiri, setiap hari apa, dan jam berapa, akan kami informasikan secara lengkap melalui media sosial," kata dr Rio Rimbo seusai peresmian.

Komisaris Rumah Sakit Urip Sumoharjo dr Taufiqurrahman, Sp.OG mengatakan, dengan testing yang lebih mudah sehingga tracing lebih cepat, dan masyarakat tidak perlu menunggu lama hasil testing dan tracing tersebut. 

Hal ini juga akan membantu untuk menurunkan jumlah orang yang meninggal dunia karena Covid-19, yang saat ini jumlahnya masih cukup banyak

"Kalau yang saya lihat, salah satu penyebab banyaknya orang yang meninggal dunia karena Covid-19 karena testing dan tracing masih kecil," ujar dr Taufiqurrahman. (Advertorial)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved