Breaking News:

Advertorial

Bung Iqbal Apresiasi Presiden dan Menteri BUMN Promosikan Budaya Lampung

Ketua DPD KNPI Bandar Lampung Iqbal Ardiansyah mengatakan pemakaian pakaian adat Lampung pada upacara peringatan HUT ke-76 RI jadi contoh dan ajakan.

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Kiki Novilia
Dokumentasi Pribadi
Bung Iqbal Apresiasi Presiden dan Menteri BUMN Promosikan Budaya Lampung . 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Hal ini sontak mengundang reaksi dan respon positif dari berbagai tokoh dan masyarakat Lampung. Apresiasi disampaikan Ketua DPD KNPI Bandar Lampung Iqbal Ardiansyah S.Si M.Si.

Bung Iqbal mengatakan pemakaian pakaian adat Lampung pada upacara peringatan HUT RI ke 76 menjadi contoh dan ajakan bahwa bangsa ini harus tetap mengedepankan budaya dan karakter bangsa.

"Kita tentu sangat mengapresiasi. Presiden menjaga kelestarian budaya Lampung di kancah nasional. Ini salahsatu bentuk Presiden menjaga nilai-nilai budaya dan karakter bangsa. Ini bentuk penghargaan Presiden mempromosikan adat budaya Lampung kepada dunia," ujar Bung Iqbal saat dikonfirmasi, Kamis, 19 Agustus 2021.

Pada Upacara HUT RI ke-76, Presiden memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Baca juga: Menko Airlangga : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Bergantung Pada Efektivitas Penanganan Covid-19

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Ibu Iriana tampak dilengkapi dengan jilbab berwarna senada.

Demikian juga Menteri BUMN Erick Thohir yang mengenakan baju adat Lampung pada upacara peringatan HUT RI ke 76.

"Menteri BUMN sebagai salahsatu tokoh nasional asal Lampung. Kita harus mengapresiasi karakter beliau yang tak lupa dengan kampung halaman, dan melestarikan adat budaya Lampung," ujarnya.

Bung Iqbal mengatakan untuk pemuda Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, kita adalah calon pemimpin masa depan. Paramater masa depan Indonesia adalah kita, pemuda hari ini.

Baca juga: Gelar Upacara HUT ke-76 RI di Kebun, KNPI Bandar Lampung: Sederhana Namun Bermakna

"Ayo kita bersama menjadi pemuda yang tangguh, pemuda yang terus berproses, pemuda yang mengikuti kemajuan zaman tetapi tidak lupa dengan karakter bangsa, terutama budaya gotong royong. Kemajuan zaman jangan sampai menggerus nilai-nilai budaya dan karakter bangsa," tegas Ketua Harian E-Sport Indonesia (ESI) Lampung itu. ( Advertorial Tribun Lampung )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved