Breaking News:

Tribun TV Lampung

Mengenal Skin Fasting, Tren Puasa Skincare

Banyak tren yang sedang berlangsung didunia kecantik di antaranya adalah skin fasting yang merupakan puasa skincare.

Penulis: Jelita Dini Kinanti | Editor: Hanif Mustafa
tangkapan layar Tribun TV Lampung
Webinar Tribun TV Lampung, skin fasting yang merupakan puasa skincare. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Ada banyak tren yang sedang berlangsung didunia kecantikan. Salah satunya adalah skin fasting yang merupakan puasa skincare.

Owner Amora Skin Clinic dr Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) mengatakan maksud dari puasa skincare adalah memberhentikan pemakaian sejumlah  skincare dalam jangka waktu tertentu.

"Sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah apakah skin fasting baik dan sehat untuk kulit wajah. Selama ini orang yang melakukan skin fasting hanya berdasarkan pengalaman orang lain saja," kata dr Amelica dalam webinar bersama Tribun Lampung, Kamis 19 Agustus 2021.

Orang-orang yang melakukan skin fasting beranggapan dengan melakukan skin fasting dapat membuat fungsi alami kulit bekerja dengan baik. Padahal sebenarnya skin fasting hanya untuk mengurangi iritasi akibat penggunaan skincare yang berlebihan.

Tapi menurutnya jika ingin melakukan skin fasting tidak masalah. Hanya saja yang harus diketahui, sebelum melakukan skin fasting kenali dahulu jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dialami. Sebab skin fasting tidak bisa dilakukan untuk semua jenis kulit wajah.

Skin fasting hanya bisa dilakukan oleh kulit wajah dengan kondisi normal cenderung kering, kering cenderung ke normal, dan tidak punya masalah kulit apapun artinya walaupun tidak menggunakan skincare kulit wajahnya tidak akan mengalami masalah apapun.

Sedangkan untuk kulit wajah dengan kondisi lain tidak bisa dilakukan skin fasting. Contohnya kulit wajah yang memang sudah kering karena faktor genetik ditambah lagi setiap hari terkena faktor pencetus kulit kering seperti terkena AC. 

Baca juga: WEBINAR Cerita Fitriani Rintis Kuliner Bamieta dan Mieliar, Sempat Jual Cincin Kawin untuk Modal

"Contoh lain adalah kulit wajah yang berminyak, pori-pori besar, dan berjerawat yang membutuhkan skincare untuk mengecilkan pori-pori, mengurangi produksi minyak, dan membunuh jerawat," ujar Amelica.

Skin fasting bisa dilakukan hingga satu bulan. Setelah itu dilihat lagi apakah ada perubahan pada kulit wajahnya selama satu bulan itu. Kalau ada perubahan buruk sebaiknya hentikan skin fasting dan pakai skincare lagi

Tidak disarankan untuk melakukan skin fasting dalam jangka waktu yang lama, karena kita membutuhkan skincare agar kulit wajah selalu sehat, cerah, bebas penuaan, dan awet muda. ( Tribunlampung.co.id / Jelita Dini Kinanti )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved