Breaking News:

Tulangbawang

Kadisdik Tulangbawang Lampung Sangkal Pernyataan Nadiem Makarim soal Larangan PTM

- Pemkab Tulangbawang menyangkal pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, yang menyebut Tula

Penulis: Endra Zulkarnain | Editor: soni
ist
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Pemkab Tulangbawang menyangkal pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, yang menyebut Tulangbawang satu dari 12 daerah yang melarang pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tuba, Ristu Ilham, mengatakan, sejak awal Pemkab Tulangbawang tidak pernah melarang pelaksanaan PTM.

Hanya saja, PTM ditunda pelaksanaan lantaran angka Covid 19 di wilayah itu meningkat beberapa waktu lalu.

Sehingga, atas keputusan bersama gugus tugas, maka pelaksanaan PTM ditunda, sembari melihat melandainya kasus Covid 19 di Tulangbawang.

Bahkan, Ristu mengatakan pada awal tahun ajaran baru 12 Juli lalu, Pemkab Tulangbawang sudah merencanakan akan melaksanakan PTM untuk jenjang pendidikan tingkat SMP, SD, TK, dan Paud.

Namun, pelaksanaannya batal digelar lantaran ketika itu kasus Covid-19 meningkat. 

Tidak hanya level Kabupaten Tulangbawang namun beberapa daerah juga ada peningkatan kasus Covid 19 ketika itu.

Baca juga: Nasib KBM Tatap Muka di Lampung Masih Tunggu Instruksi Kemendikbud Ristek

"Kita nggak pernah melarang PTM, tapi kita tunda pelaksanaannya. Misalnya saja pada awal tahun ajaran baru tempo hari, kita sudah siap PTM tapi nyatanya kasus Covid 19 naik, terpaksa kita tunda dulu," terang Ristu Ilham kepada Tribun, Selasa (24/08).

Ristu juga mengatakan, penundaan PTM di Tulangbawang juga atas saran dan masukan berbagai pihak.

"Ibu Bupati mempertimbangkan keselamatan warga, mangkanua di tunda (PTM). Itu pun (penundaan PTM) atas saran beberapa pihak, karena melihat kasus Covid belum melandai," papar Ristu.

Ristu menambahkan, pihak sekolah juga sudah menyiapkan fasilitas sebagai syarat untuk PTM.

"Kalau persiapan kita sudah siap semua, termasuk di sekolah-sekolah mereka sudah siap. Hanya tinggal pelaksanaan, tapi tertunda karena kasus Covid belum melandai," papar Ristu 

Sebelumnya, Mendibudristek Nadiem Makarim menyoroti 12 daerah yang melarang Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Dari 12 daerah yang disebut Nadiem itu, tujuh diantaranya di Lampung, salah satunya Tulangbawang.

“Sebanyak 12 daerah masih  melarang PTM, mayoritas berada di Pulau Sumatra,” kata Mendikbudristek Nadiem Makarim saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin (23/8). ( Tribunlampung.co.id / Endra Zulkarnain )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved