Breaking News:

Lampung Barat

Wakili Lampung di ADWI 2021, Pekon Wisata Rigis Jaya Tembus 50 Besar Desa Wisata Unggulan

Pekon Wisata Rigis Jaya tembus 50 besar untuk nominasi desa wisata unggulan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Kiki Novilia
HO
Kadisporapar Lampung Barat Tri Umaryani. Wakili Lampung di ADWI 2021, Pekon Wisata Rigis Jaya Tembus 50 Besar Desa Wisata Unggulan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Pekon Wisata Rigis Jaya tembus 50 besar untuk nominasi desa wisata unggulan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa yang terletak di Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat tersebut bahkan menjadi satu-satunya desa asal Provinsi Lampung yang masuk nominasi 50 besar ADWI 2021 itu.

"Proses panjang akhirnya membuahkan hasil," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Tri Umaryani, Selasa (24/8/2021).

"Pada Senin (23/8/2021) sore, Menparekraf Sandiaga Uno mengumumkan 50 Desa Wisata yang masuk dalam ADWI 2021, salah satunya Desa Wisata Rigis Jaya," imbuhnya.

Usai sebelumnya, lanjut Tri, Lampung yang diwakili 7 Desa Wisata asal Kabupaten Lampung Barat, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Tanggamus harus menjalani ketatnya kompetisi dengan 1.584 desa wisata lainnya se-Indonesia.

Baca juga: 4.874 Pelamar CPNS Lampung dan PPPK di Lampung Barat Lulus Seleksi Administrasi

"Tim juri sebanyak 15 orang terlebih dahulu melakukan seleksi adminitrasi serta melihat langsung kriteria yang dipersyaratkan," ungkap Tri.

"Selanjutnya, Tim juri menetapkan 100 desa wisata untuk kembali diadu dengan kriteria-kriteria lainnya," sambungnya.

Hingga akhirnya diperoleh 50 desa wisata unggulan dalam ADWI 2021 dengan Desa Wisata Rigis Jaya masuk di dalamnya.

Tri mengungkapkan, ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam ajang ini, yaitu penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), desa digital, sovenir (kuliner dan kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, dan buatan), konten kreatif, serta homestay dan toilet.

"Pengembangan desa wisata ini juga merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendorong, melestarikan, dan memberdayakan berbagai potensi yang ada di desa," jelas dia.

Baca juga: Ramai Berita Pilu Paskibraka Lampung 2021 Citra Ayu Septina, Kadisporapar Lampung Barat Buka Suara

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved